Studi Sebut Golongan Darah O dan B Lebih Kebal Covid-19, Ini Penjelasannya

- 1 Maret 2021, 21:05 WIB
Ilustrasi pemeriksaan golongan darah /Hans Martin Paul/Pixabay

RINGTIMES BANYUWANGI – Studi terbaru mengungkapkan jika orang dengan golongan darah O dan B memiliki risiko lebih rendah untuk terinfeksi virus Covid-19. Artinya goongan darah ini akan lebih ‘kebal’ terinfeksi virus Covid-19.

Studi menyebutkn jika golongan darah O dan golongan darah B tidak memiliki kecenderungan sakit parah saat terkena Covid-19.

Peneltiian juga menjabarkan jika pasien Covid-19 dengan golongan darah O dan golongan darah B bisa menghabiskan lebih sedikit waktu dalam perawatan Covid-19 dibandingkan dnegan golongan darah A dan golongan darah AB.

Artinya golongan darah O dan golongan darah B lebih ‘kebal’ melawan virus tersebut. Kemudian disebutkan juga jika orang dengan darah O dan golongan darah B tidak terlalu memerlukan ventilasi dan cenderung tdak mengalami gagal ginjal

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan saat Pandemi Covid-19

Artikel ini sudah diterbitkan sebelumnya di Cirebon.pikiran-rakyat.com dengan judul Penelitian di Kanada Sebut Golongan Darah O Dan B Memiliki Risiko Lebih Rendah Terkena Covid-19

Dua studi baru yang diterbitkan di jurnal Blood Advances pada 14 Oktober lalu itu menguatkan penelitian sebelumnya mengenai darah tipe O, di mana orang dengan golongan darah O atau B tidak mengalami sakit parah ketika terinfeksi Covid-19.

Studi atau peneltiian pertama dilakukan di Universitas British Columbia, Kanada. Mereka mengamati 95 pasien Covid-19 yang sakit kritis di rumah sakit di Vancouver, antara Februari hingga April.

Hasil penelitian itu ditemukan bahwa pasien dengan golongan darah O atau B rata-rata menghabiskan 4,5 hari lebih sedikit di unit perawatan intensif dibandingkan dengan mereka yang memiliki darah golongan A atau AB.

Halaman:

Editor: Indah Permata Hati

Sumber: PR Cirebon


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X