3 Tanda Awal Serangan Asam Urat yang Sering Disepelekan

- 8 April 2021, 15:51 WIB
Ilustrasi Asam urat/Ada beberapa tanda awal asam urat yang sering disepelekan, tanda asam urat yang muncul harus segera diobati agar tidak semakin parah. /Pixabay/Nastya_gepp

RINGTIMES BANYUWANGI – Serangan asam urat dapat terjadi apabila kadar asam urat dalam darah membentuk kristal di persendian dan jaringan. Akibatnya terjadi peradangan dan pembengkakan.

Terjadinya serangan asam urat dapat diketahui melalui beberapa tanda awal yang sering disepelekan oleh beberapa orang. Hal ini karena serangan tersebut dianggap sebagai nyeri biasa.

Pembengkakan akibat serangan asam urat paling umum terjadi di jempol kaki, lutut, dan pergelangan kaki. Seperti yang dilansir Ringtimesbanyuwangi.com dari Webmd pada 8 April 2021, berikut tanda awal serangan asam urat.

1. Muncul nyeri secara tiba-tiba

Salah satu tanda awal munculnya serangan asam urat adalah nyeri secara tiba-tiba di persendian. Biasanya rasa nyeri muncul di malam hari.

Baca Juga: 5 Air Rebusan yang Dapat Mencegah Asam Urat Kambuh, Alami dan Mudah Didapat

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Bagi Penderita Asam Urat, Cek Agar Cepat Normal Kembali

Kondisi ini bisa diperparah dengan gaya hidup yang tidak sehat. Seperti mengonsumsi makanan tinggi purin dan minum minuman beralkohol.

Rasa nyeri akan terasa sangat menyakitkan terutama di bagian jempol kaki, lutut, dan pergelangan kaki. Rasa nyeri di bagian persendian ini harus segera diobati, karena bisa menjadi penyakit asam urat kronis.

Salah satu ciri asam urat kronis adalah munculnya benjolan yang cukup besar di area persendian. Serangan asam urat ini bisa menghampiri siapapun, terutama laki-laki.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: WEB MD


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X