5 Makanan Terbaik Pencegah Asam Lambung, Ada Pisang dan Oatmeal

- 16 April 2021, 03:28 WIB
Ilustrasi makanan sehat/Untuk mencegah penyakit asam lambung semakin parah, konsumsi 5 makanan berikut. Ada buah-buahan hingga sayuran.
Ilustrasi makanan sehat/Untuk mencegah penyakit asam lambung semakin parah, konsumsi 5 makanan berikut. Ada buah-buahan hingga sayuran. /pixabay/Sponchia

RINGTIMES BANYUWANGI - Penyakit asam lambung adalah suatu kondisi yang akan dialami banyak orang setidaknya sekali seumur hidup mereka. 

Lebih dari sekadar gangguan kecil, sensasi terbakar yang tidak nyaman ini terkadang dapat merambat ke tenggorokan Anda hingga meninggalkan rasa pahit yang tidak menyenangkan akibat asam lambung yang diderita.

Rasa sakit atau mulas akibat asam lambung dapat berkisar dari yang ringan hingga yang parah sehingga terkadang disalah artikan sebagai nyeri serangan jantung.

Baca Juga: Diskon Hingga 90% PLUS Voucher, Belanjaan Kamu Jadi Lebih Murah Lagi di Shopee Murah Lebay!

Baca Juga: 5 Obat Alami Asam Lambung Agar Tak Gampang Kumat saat Puasa Ramadhan

Baca Juga: 3 Cara Meredakan Asam Lambung yang Naik dan Kumat saat Puasa Ramadhan

Dan mulas adalah gejala refluks asam, yang terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan pada saluran yang menghubungkan tenggorokan dan lambung. 

Dalam beberapa kasus, refluks asam berkembang menjadi penyakit refluks gastroesofageal (GERD) atau bentuk refluks yang lebih serius. Tanda-tanda umum GERD termasuk seringnya mulas, batuk, mengi, nyeri dada, dan regurgitasi - terutama pada malam hari.

Sementara obat-obatan yang dijual bebas dan resep juga tersedia serta perubahan gaya hidup terkadang dapat membantu mereka yang hanya mengalami refluks asam sesekali.

Perubahan pola makan juga bisa menjadi kunci saat mencoba meringankan gejala. Berikut lima makanan untuk mencegah asam lambung kambuh kembali seperti dilansir Ringtimesbanyuwangi.com dari Health Harvard pada 15 April 2021.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Health Harvard


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X