Jangan Sepelekan!, Bahaya Duduk Terlalu Lama Salah Satunya Cepat Tua

- 1 Agustus 2020, 14:30 WIB
ILUSTRASI duduk selama bekerja.* /PIXABAY/

RINGTIMES BANYUWANGI - Pekerjaan yang biasa dilakukan dengan duduk terlalu lama bahkan dengan pola makan yang salah dan kurangnya olahraga dapat menimbulkan risiko berbagai penyakit. Berikut ini seperti yang sudah dikutip ringtimesbanyuwangi.com dari berbagai sumber, beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan jika duduk terlalu lama:

1.Meningkatkan risiko terkena penyakit

Duduk terlalu lama meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, dan kanker. Duduk terlalu lama dapat meningkatkan tekanan darah, meningkatkan gula darah, meningkatkan lemak tubuh sekitar pinggang, dan kadar kolesterol abnormal.

Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, meningkatkan kolesterol, dan masalah lainnya. Selain itu, pankreas juga dapat memproduksi insulin dalam jumlah lebih, yang dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Baca Juga: Berikut Resep Bumbu Sate Simpel, Lezat Serta Mudah Dibuat

2. Melemahnya otot

Selama duduk, otot tidak digunakan. Apalagi jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk seharian daripada berdiri, berjalan, atau melakukan aktivitas lainnya. Ketika Anda berdiri, otot perut Anda menegang sehingga otot bekerja, tetapi ketika Anda duduk, otot perut Anda tidak digunakan sehingga otot ini dapat melemah.

3. Mempercepat Penuaan

Duduk terlalu lama ternyata juga bisa memicu penuaan terjadi lebih cepat. Orang yang menghabiskan waktu hingga 10 jam dalam satu hari untuk duduk disebut berisiko mengalami penuaan hingga 8 tahun lebih cepat. Risiko penuaan jadi lebih tinggi pada wanita yang terlalu lama duduk. Hal itu diduga berkaitan dengan kondisi telomeres yang menjadi lebih pendek, yaitu topi pada ujung untai DNA yang melindungi kromosom dari kerusakan.

Halaman:

Editor: Sophia Tri Rahayu


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X