Tips Merawat Tanaman Hias Agar Tampil Cantik dan Mempesona

- 18 September 2020, 18:30 WIB
Ilustrasi tanaman hias yang dijual /pexels.com

RINGTIMES BANYUWANGI – Memiliki tanaman hias yang tumbuh cantik dan subur merupakan keinginan setiap orang utnuk menghiasi halaman rumahnya. Dekorasi rumah akan tampil lebih segar dan menarik ketika dihuni oleh tumbuhan dan tanaman hias yang cantik.

Untuk memiliki tanaman hias yang cantik dan segar haruslah ada usaha yang cukup yaitu dengan merawatnya.

Menjaga kebersihan tanaman hias adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan di sekitar taman, pot, dan tanaman.

Buanglah sampah pada tempatnya, untuk mengupayakan agar tidak ada sampah yang menumpuk, terutama sampah plastik dan bahan-bahan yang tidak bisa terurai.

Baca Juga: Caladium Bisa Jadi Pesaing Aglaonema, Tanaman Hias Kesukaan Ibu-ibu Muda

Penyiraman tanaman, pada musim kemarau penyiraman tanaman hias wajib dan rutin dilakukan untuk menghindari tanaman hias menjadi kekurang air dan layu. Jika tanaman kekurangan air, khususnya pada jenis tanaman yang ada di luar ruangan akan sangat berbahaya untuk keberlangsungan hidupnya.

Untuk tanaman yang ada di dalam ruangan juga memerlukan penyiraman rutin dan juga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk memproduksi makanan ayng dibutuhkan oleh tanaman.

Penyiraman sebaiknya dapat membasahi media tanam secara merata dengan kedalaman 15-20cm tanpa menghanyutkan media tanam. Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman adalah  pada pagi atau malam hari. Hal ini bertujuan agar tanaman memiliki suplai air yang cukup untuk menghandari terik matahari pada siang hari.

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jangan membuat genangan air saat menyiram tanaman hias, hal ini dapat menutup jalur oksigen dan membuat tanaman cepat rusak dan membusuk.

Baca Juga: Wajib Tahu, Peraturan Larangan bagi Pesepeda Kini Resmi Dikeluarkan, Simak di Sini

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X