Pesona Tanaman Hias Oxalis, Bunga Kupu-Kupu yang Mirip dengan Anggrek

- 17 Oktober 2020, 11:30 WIB
Tanaman hias oxalis yang memiliki bentuk menyerupai kupu-kupu /

RINGTIMES BANYUWANGI – Tanaman hias masih menjadi tren dan populer di berbagai kalangan. Salah satu tanaman hias yang banyak diburu para kolektor adalah bunga oxalis. Tanaman ini sering disebut dengan bunga kupu-kupu atau bahkan tanaman yang mirip dengan anggrek.

Oxalis termasuk dalam famili Oxalidaceae yang berasal dari daerah tropis Amerika Selatan dan Asia Selatan.

Tanaman ini juga sering disebut sebagai Wood Sorrels. Oxalis juga dikenal sebagai False Shamrocks. Namun, di Indonesia familiar dengan nama Calincing kupu, calincing merah, calincing ungu, bunga kupu-kupu atau tanaman cinta.

Baca Juga: ShopeePay Day Digelar 15 Oktober Hadirkan Solusi Belanja Hemat Sambut Shopee 11.11 Big Sale

Pada dasarnya, oxalis termasuk tanaman yang sangat disukai oleh banyak pecinta tanaman hias bunga karena tanaman ini memiliki sifat yang tidak rewet pada saat penanaman dan perawatannya.

Tanaman oxalis ini juga dikenal sangat produktif, berkembang lambat, tetapi sangat mudah menyebar.

Kelebihan lainnya dari oxalis adalah tanaman hias ini memiliki banyak ragam warna yang mencolok serta ukuran yang berbeda-beda.

Baca Juga: 7 Manfaat Belimbing Wuluh, Mampu Obati Diabetes, Sakit Gigi, hingga Wasir

Daunnya memiliki warna ungu, hijau, putih, batik, dan lainnya. Bentuknya juga unik karena terlihat seperti sayap kupu-kupu yang membuat penampilannya menjadi istimewa.

Sedangkan bentuk bunganya sekilas mirip dengan anggrek. Dalam bahasa Inggris tanaman hias oxalis disebut Butterfly Tree, Orchid Tree, Purple Bauhinia, dan Purple Camel’s Foot.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Klik Hijau


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X