Bawang Hitam Bisa Mengatasi Nyeri Sendi Hingga Kanker, Simak Manfaat Lainnya

- 17 Oktober 2020, 13:20 WIB
Bawang Hitam atau Black Garlic /Tokopedia

RINGTIMES BANYUWANGI – Bawang hitam atau black garlic merupakan hasil dari fermentasi bawang putih sehingga membuat bawang tersebut memiliki kandungan flavonois, polifenol yang mana memiliki khasiat 10 kali lipat dibandingkan dengan bawang putih pada umumnya.

Pada umumnya, bawang hitam miliki reaksi yang sama dengan bawang putih, akan tetapi terdapat beberapa zat gizi pada bawang hiram yang meningkat dan menurun.

Bawang hitam mengandung banyak antioksidan karena kandungan alisin pada bawang putih yang telah mengalami reaksi Mailard dan kemudian berubah menjadi berbagai senyawa antioksidan.

Dibalik banyaknya orang yang mencari bawang hitam, ternyata terdapat beberapa senyawa antioksidan yang terbentuk seperti amadori, hidroksimetilfurfural, organosulfur, dan piruvat.

Reaksi Mailard meningkatkan beberapa senyawa pada bawang hitam seperti polifenol, flavonoid, fenilalanin, leusin, dan isoleusin. Selain itu, bawang hitam juga mengandung nitrogen oksida, selenium, arginin, fruktosil glutamat, dan linoleoilgliserol.

Baca Juga: Biodata dan Perjalanan Karier Puan Maharani, Anak Presiden ke-5 RI

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beragam manfaat bawang hitam yang semakin populer dan banyak dicari untuk kesehatan dan pengobatan.

1. Meredakan peradangan

Bawang hitam yang mengandung anti oksidan dan zat-zat lain ini memiliki sifat anti inflamasi. Zat tersebut mampu mencegah lepasnya sitokin yang akan merangsang respon inflamasi.

Dengan berkurangnya kadar sitokin dapat meredakan peradangan seperti radang sendi, otot, nyeri, dan radang lainnya. 

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X