Agar Spons Cuci Piring Bersih dan Bebas Kuman, Lakukan 2 Hal Ini

- 18 Oktober 2020, 13:45 WIB
Cara membersihkan spons dari kuman penyakit yang membahayakan kesehatan /

RINGTIMES BANYUWANGI – Sering diabaikan, pemakaian spons cuci piring secara berulang-ulang berpotensi dapat menjadi sarang kuman dan bakteri berkembang. Hal ini sangat membahayakan bagi kesehatan sehingga membutuhkan alternatif untuk mencegahnya.

Sebagaimana berdasar pendapat seorang Ilmuwan makanan, menjelaskan bahwa jika spons cuci piring menjadi kotor, maka kuman dapat menyebar ke segala hal yang terkena sentuhan spon seperti piring, peralatan dapur, hingga meja dapur.

Hal ini menyebabkan perlu adanya tindakan untuk membersihkan spons agar kuman tidak berkembang dan memicu terjadinya berbagai penyakit.

Baca Juga: Ini Dia Top Go-To Merchant Baru ShopeePay yang Bermanfaat untuk Kamu!

Ketika mencuci piring kotor, maka akan secara otomatis kuman, jamur, dan bakteri yang menimbulkan bau busuk akan menempel di spon cuci piring.

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2017 mengungkapkan bahwa adanya perkembangan bakteri fecal coliform sebanyak 44 persen berada di dapur. Sebagian besar bakteri tersebut menempel di spons cuci piring dan serbet.

Bakteri tersebut sangat berpotensi menyebabkan diare, kram, dan muntah. Selain itu, bakteri lain yang dapat menempel pada spons seperti Staphylococcus aureus atau Campylobacter, yang juga dapat menyebabkan diare.

Baca Juga: Daun Sidaguri Mampu Mengatasi Asam Urat dan Rematik, Serta 5 Manfaat Lainnya

Sehingga penting untuk membersihkan spons cuci piring setiap hari. Bahkan dalam setiap dua pekan, disarankan secara rutin untuk mengganti spons cuci piring.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran dan pertumbuhan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X