Mulai Dilirik, Kakada Tanaman Hias Berdaun Panjang dengan Beragam Manfaat

- 18 Oktober 2020, 13:55 WIB
Kakada /idea.grid.id

RINGTIMES BANYUWANGI -  Kakada merupakan salah satu tanaman hias daun yang popularitasnya tak sebanding dengan tanaman hias daun lain seperti aglonema hingga janda bolong. Meskipun begitu, tanaman hias daun ini miliki banyak penggemar yang tidak pernah lekang oleh waktu.

Tanaman hias daun ini memang tidak terlalu populer. Meskipun begitu, kadaka merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati.

Tanaman hias berdaun panjang ini merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah dirawat dan tidak membutuhkan banyak modal untuk menanamnya.Hal inilah menjadi salah satu alasan bagi penggemar kakada.

Dilansir dari berbagai sumber, kakada dikenal miliki pesona yang luar biasa pada daunnya. Kadaka juga lebih mudah dikenali dari tajuknya yang besar. Tak hanya itu bagian ental tanaman ini bahkan bisa mencapai panjang 150 cm dan lebar 20 cm. Hampir serupa dengan daun pisang.

Baca Juga: Agar Spons Cuci Piring Bersih dan Bebas Kuman, Lakukan 2 Hal Ini

Warna daun kadaka cenderung mirip dengan daun tanaman lain pada umumnya, yaitu hijau cerah yang cantik. Akan tetapi, jika Anda menanam tanaman kadaka di tempat yang terkena matahari langsung, warnanya akan cenderung menjadi agak kuning.

Miliki bentuk yang unik, kakada merupakan salah satu tanaman hias daun yang dipercaya sebagai obat penyubur rambut, gigitan atau sengatan hewan berbisa. Daunnya ditumbuk dan dicampur dengan parutan kelapa kemudian dioleskan pada rambut.

Kakada juga digunakan sebagai bahan herbal penghilang memar dan untuk mengobati bengkak. Caranya pun cukup mudah, Anda dapat membuat bobok dari daunnya kemudian membalurkan pada daerah yang mengalami memar atau bengkak. Secara perlahan, zat yang terkandung pada daun kakada akan membantu proses pemulihannya.

Selain itu, tentu saja tanaman kadaka bisa dimanfaatkan sebagai ornament penghias taman, teras, dan rumah. Jika berminat, Anda juga dapat membudidayakan tanaman hisas bedaun panjang ini dan bahkan menjadikannya sebagai peluang usaha. 

Baca Juga: Viral Kisah Rangga ‘ Si Pahlawan Cilik’, Pembunuhnya Ditemukan Tewas Dalam Tahanan

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X