Janda Bolong Menangis, Simak Fakta Unik Dibalik Tangisan Monstera Setiap Pagi

- 18 Oktober 2020, 20:40 WIB
Monstera menangis /Tokopedia/

RINGTIMES BANYUWANGI –Janda bolong atau monster adalah tanaman hias daun yang sangat populer dan miliki harga yang cukup fantastis.

Tanaman hias daun ini miliki beragam keunikan dan kecantikan yang menurut sebagin orang tidak ada duanya. Berbicara soal monster, benarkah tanaman hias ini bisa menangis? Akankan menangis menjerit selayaknya manusia?

Tentu tidak, tangisan yang dialami oleh tanaman hias daun ini mungkin sebelumnya belum banyak diketahui.

Akan tetapi, memang benar adanya jika tanaman hias daun ini meneteskan air setiap pagi dari daun-daun cantiknya.

Baca Juga: Laris Dicari, Intip Harga Tanaman Hias Alocasia Termurah Hingga Termahal

Dilansir oleh ringtimesbanyuwangi.com dari klikhijau.com, fenomena ini merupakan sesuatu yang alami dan terjadi pada tumbuhan lainnya.

Kejadian ini disebut sebagai fenomena gutasi atau guttation yakni suatu proses dimana tetasan getah xilem terbentuk pada daun tanaman. Getah ini akan keluar dari pori-pori tanaman monstera yang disebut hidatoda.

Ketika ada banyak kelembapan di tanah dan tekanan terbentuk di dalam akar, getah kemudian naik melalui tanaman dan dapat didorong keluar melalui pori-pori, seperti meremas pasta gigi dari wadahnya.

Dapat disimpulkan bahwa gustasi adalah hasil transpirasi, yaitu cara tumbuhan membawa air dan nutrisi dari akar ke sisa daun dan batang tanaman. Gutasi boleh jadi hanyalah cara bagi tanaman Anda untuk mengelola sedikit variasi dalam kondisi pertumbuhannya.

Fenomena ini juga bisa terjadi karena Anda mungkin memberinya terlalu banyak air, sehingga ia mungkin mencoba untuk menghilangkan kelebihannya.

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas

Sumber: Klik Hijau


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X