Tak Ingin Asam Urat Naik dan Kambuh? Segera Lakukan Diet Rendah Purin Berikut

- 21 November 2020, 10:00 WIB
Tips diet rendah purin untuk mencegah asam urat naik dan kambuh /PIXABAY/

RINGTIMES BANYUWANGI ­­– Salah satu pemicu timbulnya kadar asam urat naik dan kambuh yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi purin. Sehingga penderita asam urat disarankan untuk melakukan diet rendah purin yang bisa membuat asam urat tak naik dan kambuh lagi.

Perlu diketahui, penyakit asam urat dipicu oleh beberapa faktor, seperti sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat purin secara berlebihan.

Purin adalah salah satu jenis protein yang dapat ditemukan dalam tubuh dan makanan. Apabila purin dalam tubuh berlebihan, maka akan menjadi pemicu tingginya kadar asam urat.

Baca Juga: Nikmati Makan Kenyang dan Hemat Dengan ShopeePay Deals Rp1

Pada dasarnya, asam urat akan larut dalam darah lalu keluar bersama urin. Namun, terkadang tubuh atau ginjal hanya dapat melepaskan asam urat ke dalam urin dalam jumlah sedikit.

Akibatnya, asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal asam urat pada persendian dan mengelilingi jaringan sehingga menyebabkan nyeri, peradangan, dan pembengkakan.

Faktor lain penyebab penyakit asam urat yakni kecenderungan genetik atau bahkan adanya cacat ginjal yang mengganggu pengeluaran asam urat dalam urin.

Baca Juga: 15 Makanan Tinggi Purin Penyebab Asam Urat Tinggi, Hindari Agar Asam Urat Tak Kambuh

Selain itu, juga terdapat beberapa hal yang bisa menjadi faktor risiko penyebab penyakit asam urat yaitu punya riwayat keluarga menderita asam urat konsumsi, obat-obatan tertentu, konsumsi alkohol, kegemukan, diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, hipotiroidisme, penyakit ginjal, dan anemia hemolitik.

Umumnya, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam urat yang tinggi seperti melakukan diet rendah purin.

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas

Sumber: Healthline


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X