Hindari Makanan Berikut Agar Asam Urat Tak Kambuh Lagi

- 21 November 2020, 20:30 WIB
Hindari Makanan Berikut Agar Asam Urat Tak Kambuh Lagi /gilaxia/Getty Images

RINGTIMES BANYUWANGI - Asam urat adalah sejenis artritis yang terjadi ketika terlalu banyak asam urat dalam darah. Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan terbentuknya kristal monosodium urat di persendian.

Nyeri hebat, nyeri tekan, kemerahan, dan peradangan dapat terjadi.

Asam urat paling sering menyerang pria, tetapi juga dapat menyerang wanita setelah usia 60 tahun.

Baca Juga: Nikmati Makan Kenyang dan Hemat Dengan ShopeePay Deals Rp1

Gout flare bisa dimulai secara tiba-tiba , seringkali pada malam hari. Mereka bisa bertahan dari 1–10 hari. Gejala akan terasa paling menyakitkan selama 24 jam pertama.

Asam urat sering menyerang jempol kaki, dan bahkan berat selimut bisa menyebabkan rasa sakit yang parah. Tanpa pengobatan, asam urat bisa menyebar ke persendian lain di tubuh, baik di tungkai atas maupun bawah.

Dilansir Ringtimesbanyuwangi.com dari Medical News Today, berikut adalah makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

Baca Juga: Waspadai Naiknya Kadar Gula Darah, Konsumsi 3 Makanan Terbaik Ini Untuk Menstabilkannya

Pada tahun 2004, peneliti menemukan bahwa beberapa purin, yang ada dalam makanan hewani dan nabati, dapat memperburuk gejala asam urat karena tubuh mengubahnya menjadi asam urat.

Studi tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan hewani yang tinggi purin dapat meningkatkan risiko pengembangan asam urat.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Medical News Today


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X