4 Buah-buahan Terbaik bagi Penderita Diabetes, Bantu Turunkan Risiko Penyakit Kronis

- 22 November 2020, 10:30 WIB
Ilustrasi raspberry (berries) /Pixabay/

RINGTIMES BANYUWANGI - Beberapa dari anda mungkin pernah mendengar bahwa penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan.

Buah-buahan mengandung karbohidrat dan gula buah yang disebut fruktosa, kedua hal ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Namun, sebaiknya anda tetap memasukkan buah-buahan sebagai daftar pola makan sehat.

Buah kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa kuat yang disebut fitokimia. Fitokimia dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan stroke, serta meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Nikmati Makan Kenyang dan Hemat Dengan ShopeePay Deals Rp1

Hal tersebut juga sangat penting bagi penderita diabetes karena berkaitan dengan risiko terserang penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Buah-buahan juga mengandung tinggi serat. Serat akan memperlambat pencernaan, membantu untuk mencegah gula darah melonjak seketika. Hal ini juga membuat anda akan merasa kenyang lebih lama serta membantu menjaga berat badan terjaga.

Selain itu, anda perlu memerhatikan tentang nilai indeks glikemik (GI) makanan yang bisa memengaruhi gula darah. Makanan yang memliki GI rendah tidak akan meningkatkan gula darah seketika, sedangkan makanan yang tinggi GI-nya maka akan meningkatkan kadar gula darah seketika.

Baca Juga: Jahe Bantu Redakan Asam Urat Kambuh, Simak Penjelasan dan Cara Pengolahannya

Seperti dilansir oleh ringtimesbanyuwangi.com dari laman Mayo Clinic berikut 4 jenis buah terbaik untuk penderita diabetes.

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas

Sumber: Mayo Clinic


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X