Negara Tetangga Indonesia Sudah Keluarkan Peringatan Tsunami, Gempa Pasifik Jadi Permulaan

- 21 Februari 2021, 21:20 WIB
Ilustrasi tsunami /Instagram / Daryono BMKG//

RINGTIMES BANYUWANGI - Gempa besar yang melanda beberapa waktu lalu membuat banyak negara tetangga Indonesia banyak mengeluarkan peringatan siaga.

Beberapa negara tetangga Indonesia itu tengah mempersiapkan diri menghadapi tsunami usai gempa pasifik jadi permulaan.

Salah satunya adalah Biro Metereologi Australia yang mengatakan akan ada ancaman tsunami di pulau-pulau dan wilayah lepas pantai Australia.

Kemudian Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) menyebutkan jika pusat gempa dengan kekuatan 7,7 SR itu berada pada 417 kilometer timur Tadine, Kaledonia Baru dan berada pada kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga: BMKG Umumkan Puncak Siaga Bencana, Peringatan Cuaca Esktrim Hingga 3 Hari Kedepan

Gempa dengan kekuatannya meningkat dari skala sebelumnya 7,2 SR itu kemudian berkelanjutan dengan gempa lainnya di sekitar wilayah itu dengan kekuatan hingga 5,7 SR sampai 6,1 SR yang bisa terjadi dengan rentang waktu lebih dari satu jam.

Kemudian, Sistem Peringatan Tsunami Amerika Serikat menyebut bahwa pengawasan tsunami berlaku pada wilayah Samoa Amerika dan akan adanya potensi tsunami di wilayah seperti Fiji, Selandia Baru, dan Vanuatu.

Tsunami atau gelombang laut dengan ketinggian satu meter diatas permukaan air pasang normal bisa mungkin terjadi di beberapa area pantai Vanuatu, Fiji, hingga Selandia baru menurut Sistem peringatan tsunami Amerika Serikat.

Artikel ini sudah diterbitkan di Zonajakarta.pikiran-rakyat.com dengan judul Negara-negara Tetangga Indonesia Siaga, Peringatan Tsunami Sudah Dikeluarkan, Gempa di Pasifik Jadi Awalan

Halaman:

Editor: Indah Permata Hati

Sumber: Zona Jakarta


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X