1.970 Warga Negara Indonesia Yang Bekerja Sebagai Anak Buah Kapal Berhasil Dipulangkan

- 21 Mei 2020, 19:00 WIB

RINGTIMES BANYUWANGI - Total 1.970 warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) berhasil dipulangkan dari Jerman ke Tanah Air, menurut keterangan KBRI Berlin yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sebanyak 242 WNI kru kapal pesiar Jerman dipulangkan, berangkat dari bandara Hamburg pada Rabu (20/5/2020) dan tiba di Bali pada hari ini, Kamis (21/5). Pemulangan rombongan terakhir dilepas langsung oleh Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

Baca Juga: Suara Dentuman Misterius Terdengar di Seputaran Bandung, Hingga 9 Kali

Adapun Penerbangan pesawat sewaan TUI Fly TB 8333, yang diberangkatkan dari bandara Hamburg pada pukul 18.00 waktu setempat. Pesawat tersebut mengangkut 242 WNI kru kapal pesiar grup TUI. Mereka merupakan kru kapal Mein Schiff 3, Mein Schiff 4, Mein Schiff 5 dan Mein Schiff 6.

Pesawat keempat yang disewa Perusahaan TUI Cruises. Tiga pesawat sewaan sebelumnya telah diterbangkan pada 10 dan 11 Mei 2020 dengan total penumpang sebanyak 819 ABK. Selain itu, perusahaan TUI Cruises juga telah memulangkan krunya ke Indonesia dengan menggunakan pesawat komersial, yaitu pada 8 Mei 2020, dengan total jumlah penumpang 180.

 Baca Juga: Benarkah!!! Pemindahan Habib Bahar Sesuai Dengan Standar Operasional Prosedur

Sehingga total WNI awak TUI Cruises yang telah dipulangkan ke Indonesia dalam satu bulan terakhir ini adalah sebanyak 1.241 orang. Juga ada beberapa perusahaan kapal pesiar Jerman lainnya juga telah memulangkan WNI ABK, antara lain AIDA Cruise yang telah memulangkan sebanyak 716 WNI kru kapal pesiar.

Pemulangan para awak kapal memang menjadi keputusan pilihan yang harus diambil pihak perusahaan karena, sejak pertengahan Maret 2020 lalu, kapal-kapal pesiar berhenti beroperasi akibat wabah COVID-19.

 

 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x