FBI Tangkap Bill Gates Atas Tuduhan Terorisme Biologis Ciptakan Covid-19?

- 21 Mei 2020, 19:30 WIB

RINGTIMES BANYUWANGI - Beredar sebuah foto Biro Investigasi Federal (FBI) telah menangkap Bill Gates.

Dalam foto yang beredar penangkapan ini berdasarkan atas tuduhan terorisme biologis dan menjadi dalang penciptaan Virus Corona.

Tetapi, setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata foto yang beredar dengan narasi seperti yang disebutkan di atas adalah informasi hoaks atau masuk dalam kategori FABRICATED CONTENT.

Baca Juga: Puan Maharani: Pendidikan Agama Dihapus Agar Negara maju, Cek Faktanya

Seperti kami kutip dari artikel berjudul Beredar Foto FBI Tangkap Bill Gates Atas Tuduhan Terorisme Biologis Ciptakan Corona, Cek Faktanya!

Berdasar hasil penelusuran Pikiran Rakyat Bekasi dari akun Instagram Jabar Saber Hoaks Kamis, 21 Mei 2020 menunggah foto berserta narasi berupa fakta-fakta dan penjelasan terkait informasi hoaks FBI telah menangkap Bill Gates.

Adapun narasi awal informasi hoask ini adalah, "Pendiri miliarder MicrosoftBill Gates (64) telah ditangkap oleh FBI hari ini atas tuduhan terorisme biologis setelah terungkap ia menciptakan coronavirus sehingga ia dapat mengendalikan kami karena ia selalu tertarik pada hal semacam itu."

Seteleh ditelusuri lebih lanjut, dalam artikel tersebut terdapat dua buah foto. Kemudian ditelusuri satu persatu, menggunakan Google Reverse Images.

Baca Juga: Harga Minyak Kembali Naik, Pertamina Tetap Jaga Kestabilan Harga BBM

Faktanya, foto pertama pernah dimuat oleh Reuters pada 23 Januari 2014 lalu. Mengenai penangkapan Vincent Asaro oleh FBI, yang diduga sebagai pimpinan keluarga kejahatan terorganisir Bonanno, dengan tuduhan perampokan.

Halaman:

Editor: Firda Marta Rositasari

Sumber: Portal Jember Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X