Terancam!!! Kehilangan Pekerjaan Para Pekerja Lanjut Usia

- 22 Mei 2020, 21:00 WIB

RINGTIMES BANYUWANGI - Para pekerja lanjut usia (lansia) di Jepang terimbas kehilangan pekerja akibat kegiatan bisnis tutup dalam masa pandemi COVID-19, sehingga mereka tidak lagi dapat membayar sewa tempat tinggal.

Seorang pegawai kereta dengan memakai masker pelindung berjalan di peron stasiun yang hampir kosong di stasiun Tokyo tempat warga terlihat lebih sedikit dari biasanya saat liburan "Golden Week" menyusul penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) di Tokyo.

 Baca Juga: 'Influencer Harus Bersatu' yang diunggah pertama kali di laman IGTV milik dr. Tirta

Lebih dari 75 persen pekerja lansia itu merupakan pegawai nonformal, pekerja paruh waktu, dan pekerja kontrak. Mereka berada dalam daftar pertama kelompok yang kehilangan pekerjaan jika terjadi tekanan pada kegiatan bisnis. 

Menurut data pemerintah, sekitar 13 persen tenaga kerja di Jepang berusia 65 tahun ke atas, naik dari angka sembilan persen ketika Abe kembali menjabat pada 2012.

Baca Juga: Hati-hati, 3 Makanan Berikut Ternyata Mengandung Racun Sianida
Lebih dari 75 persen pekerja lansia merupakan pegawai nonformal, pekerja paruh waktu, dan pekerja kontrak. Mereka berada dalam daftar pertama kelompok yang kehilangan pekerjaan jika terjadi tekanan pada kegiatan bisnis.

 

 

Sumber : Antara.com dengan judul Pekerja lansia Jepang tak mampu bayar sewa rumah akibat corona

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X