Jelang Idul Fitri Malam ini, Bumi Akan Didekati Asteroid? Cek Faktanya

- 22 Mei 2020, 19:25 WIB
Ilustrasi asteroid melintas di dekat bumi. /ANTARA

RINGTIMES BANYUWANGI  – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengungkapkan menjelang Idulfitri, Bumi akan didekati oleh asteroid 1997 BQ atau 136795 pada Jumat, 22 Mei 2020.

Kepala Lapan Thomas Djamaludin mengatakan asteroid tersebut dalam jalur yang aman karena ia hanya mendekati posisi Bumi dan tidak akan menimbulkan tabrakan. Hanya saja lintasan orbit asteroid 1997 BQ sangat dekat dengan orbit Bumi.

“Informasi itu hanya untuk memenuhi keingintahuan publik. Asteroid yang mendekat bukan berarti mengarah ke bumi yang berpotensi menabrak. Tapi dalam kontekso lintasan orbitnya dekat dengan orbit bumi,” ujar Thomas sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Radio PRFM.

Baca Juga: Jangan Alasan Data dari Pusat, Bantuan Kemensos di Banyuwangi Belum Tepat Sasaran

Sumber Berjudul:Lapan Benarkan Jelang Idulfitri Malam Hari Ini Bumi Akan Didekati Asteroid

Thomas juga menjelaskan bahwa lintasan orbit asteroid 1997 BQ lebih jauh dibandingkan dengan jarak bumi ke Bulan. Maka masyarakat tidak perlu merasa khawatir.

Selain itu menurut perkiraan Lapan, dalam jangka waktu 100 tahun ke depan tidak ada asteroid yang akan bertabrakan dengan Bumi.

“Masih dalam jarak aman, lebih jauh ketimbang jarak bumu dengan bulan. Jarak bumi bulan itu 384.000 kilometer secara rata-rata. Jarak asteroid yang melintas itu beberapa kali dari jarak bumi bulan. Sehingga aman dan tidak berpengaruh,” tutur Thomas.

Meski begitu, asteroid 1997 BQ tetap menjadi perhatian khusus bagi para astronom di seluruh dunia karena benda langit itu nantinya akan dipantau pergerakannya. Asteroid 1997 BQ juga akan diteliti kemungkinannya terhadap bumi mengenai menabrak atau tidaknya di masa mendatang.

Halaman:

Editor: Sophia Tri Rahayu

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X