WHO Hentikan Uji Coba Obat Klorokuin di Indonesia?, Simak Faktanya

- 27 Mei 2020, 12:00 WIB
TRUMP tetap bersikeras menggunakan obat klorokuin untuk mengobati pasien yang postif terinfeksi virus corona di Amerika dengan sedikit bukti dari penelitian yang menangani kemanan obat tersebut.*

 

RINGTIMES BANYUWANGI - Sejak kemunculannya, Virus Corona kini masih menjadi ancaman global. Pasalnya vaksin atau obat untuk mengatasinya masih belum ditemukan.

Terbaru penelitian vaksin yang dilakukan di Tiongkok, mengklaim bahwa vaksin Virus Corona telah berhasil diuji coba pada pasien, bahkan telah menghasilkan antibodi.

Sebelumnya, beberapa negara lain juga mengklaim bahwa ada sejumlah obat yang bisa mengobati Virus Corona, namun semua itu masih harus dilakukan uji klinis.

Baca Juga: Menuju Normal Baru Inilah 25 Kota/Kabupaten uang Dijaga TNI-Polri

Seperti kami kutip dari artikel berjudul Digunakan oleh Pemerintah RI untuk Penyembuhan Virus Corona, WHO Hentikan Uji Coba Obat Klorokuin

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHOTedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, uji coba klinis obat malaria hydroxychloroquine pada pasien Virus Corona akan ditunda atau dihentikan sementara.

Dikutip oleh Pikiranrakyat-bekasi.com dari Xinhua, dalam jurnal medis The Lancet, menerbitkan penelitian observasional terkait dampak hydroxychloroquine dan klorokuin terhadap pasien Virus Corona yang dirawat di rumah sakit.

Para penulis penelitian melaporkan bahwa di antara pasien yang menerima obat tersebut, ketika digunakan sendiri atau dengan campuran makrolida, maka diperkirakan pasien tersebut memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pasien lainnya.

Halaman:

Editor: Galih Ferdiansyah

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X