Tak Ada di Dekat Manusia, Ilmuwan 'Nemu' Tempat Paling Bersih di Dunia

- 3 Juni 2020, 12:35 WIB
Ilmuwan temukan udara paling bersih di Samudra Selatan, sekitar Atlantik
Ilmuwan temukan udara paling bersih di Samudra Selatan, sekitar Atlantik /PIXABAY/

RINGTIMES BANYUWANGI – Penelitian yang baru dipublikasikan menyebutkan bahwa udara terbersih di dunia tidak berada di dekat manusia melainkan di Samudra Selatan (Southern Ocean), sekitar Atlantik.

Ilmuwan dari Colorado State University menemukan bahwa Samudra Selatan merupakan sebuah tempat yang memiliki udara segar paling bersih, hal ini disebabkan adanya beberapa kebiasaan pola iklim dan cuaca global di atas awan samudra tersebut.

Manusia telah mempengaruhi hampir semua setiap yang ada di Bumi. Kita dapat menemukan sampah di wilayah terpencil sekalipun. Plastik misalnya dapat terhanyut di wilayah yang tak bisa menjadi tempat hidup manusia.

Polusi udara juga terus melayang di sekitar kita, namun tidak halnya pada sebuah tempat di Bumi sebelah selatan, para ilmuwan yang mempelajari udara di atas Samudra Selatan dan menemukan bahwa awan di sana tidak menunjukkan tanda-tanda sampah bekas manusia.

Tidak ada jejak bahan bakar fosil, pupuk, atau limbah manusia yang sudah terpakai. Tempat ini bersih, tidak diketahui bagaimana bisa wilayah ini masih asli.