Perlu Anda Ketahui, Foto dan Video Instagram yang Telah Dihapus tak Sepenuhnya Hilang

- 14 Agustus 2020, 16:05 WIB
ILUSTRASI Instagram.* /DOK. PIKIRAN RAKYAT/

RINGTIMES BANYUWANGI - Saat Anda menghapus sesuatu dari Instagram, Anda berharap itu hilang selamanya bukan?

Tetapi ketika peneliti keamanan Saugat Pokharel meminta salinan foto dan pesan langsung dari aplikasi berbagi foto, dia dikirimi data yang telah dihapusnya lebih dari setahun yang lalu, menunjukkan bahwa informasi tersebut tidak pernah sepenuhnya dihapus dari server Instagram.

Instagram mengatakan ini karena bug di sistemnya yang sekarang sudah diperbaiki, dan Pokharel telah diberi hadiah bug $ 6.000 karena menyoroti masalah tersebut. 

Baca Juga: Bukan Terinfeksi Covid-19, Bintang Bollywood Sanjay Dutt, Ternyata Idap Kanker Paru-paru Stadium 4

Seperti dilansir dari laman The Verge, Pokharel menemukan bug tersebut pada Oktober tahun lalu dan mengatakan telah diperbaiki awal bulan ini.

"Peneliti melaporkan masalah di mana gambar dan pesan Instagram yang dihapus seseorang akan dimasukkan dalam salinan informasi mereka jika mereka menggunakan alat Unduh Informasi Anda di Instagram," kata juru bicara Instagram kepada TechCrunch. 

“Kami telah memperbaiki masalah ini dan tidak melihat bukti pelecehan. Kami berterima kasih kepada peneliti karena melaporkan masalah ini kepada kami."

Baca Juga: Mendeskriminasi Orang Kulit Putih dan Asia, Yale: Pertimbangkan Informasi Secara Adil

Tidak jelas seberapa luas masalah ini dan apakah itu memengaruhi semua pengguna Instagram atau hanya sebagian dari mereka, tetapi itu jelas bukan masalah yang tidak biasa. 

Setiap kali kami menghapus data dari layanan online, biasanya ada jeda waktu yang tidak ditentukan sebelum data sepenuhnya dihapus dari server situs. Untuk Instagram, perusahaan mengatakan biasanya dibutuhkan sekitar 90 hari untuk menghapus data sepenuhnya.

Halaman:

Editor: Galih Ferdiansyah

Sumber: The Verge


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X