Penyeberangan dari Bali Dibuka, Semua Pemudik Akan Digiring ke GOR

- 4 Mei 2020, 04:04 WIB
Pemudik asal Bali antre melakukan pemeriksaan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Minggu (3/5/2020). Pemudik tujuan pulau Jawa itu sebelumnya tertahan dan menumpuk di Pelabuhan Gilimanuk, Bali sejak Sabtu (2/5) dan mulai berdatangan di Banyuwangi setelah pembatasan penyeberangan penumpang dan kendaraan umum dibuka sementara. */ ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/nym.

RINGTIMES BANYUWANGI – Terkait dibukanya kembali penjualan tiket untuk penumpang penyeberangan Gilimanuk Bali menuju Ketapang Banyuwangi pada Senin (3/5/2020), Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi telah menyiapkan langkah antisipasi.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono berharap arus mudik dari Bali bisa dikendalikan dengan baik.

“Dalam hal masih ada pemudik yang masuk dari Bali melalui ASDP Ketapang, Gugus Tugas sudah menyiapkan skema penanganannya. Mereka semua akan digiring ke GOR (Tawangalun) dengan pengawasan dan pengawalan dari Polresta Banyuwangi,” jelas dr Rio melalui keterangan tertulis kepada Ringtimes Banyuwangi pada Senin (3/5/2020).

Baca Juga: KABAR BAIK Peneliti: Pasien Sembuh COVID-19 Tidak Akan Kambuh Lagi

Setelah digiring ke GOR Tawangalun, petugas akan melakukan pendataan lebih lanjut terkait kewajiban isolasi bagi para pemudik.

“Pilihan mereka (pemudik) adalah isolasi di rumah, karantina desa, atau dikarantina di GOR,” jelasnya.

Terkait kesiapan menghadapi kedatangan pemudik, dr Rio menjelaskan bahwa semua desa sudah relatif siap menghadapi lonjakan pendatang.

Baca Juga: UPDATE Dalam Sehari 10.633 Kasus Positif Corona Baru di Rusia

“Tolok ukurnya adalah semua desa sudah menyiapkan Rumah Karantina Desa. Juga sudah dibentuk Satgas Desa yang mempunyai peran dan fungsi penting dalam mengawal aspek pencegahan penyebaran dan penularan Covid di wilayahnya,” paparnya. 

Dr Rio yakin, sistem pendataan terintegrasi yang ada di Posko Checkpoint tetap menjadi andalan Gugus Tugas utk penapisan awal.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X