ABK Kapal Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Dipastikan Positif Covid-19

- 28 Mei 2020, 21:03 WIB
ILUSTRASI- Petugas Ship Traffic Control (STC) Pelabuhan Ketapang memantau arus lalu lintas kapal feri di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (30/5/2019). Selama arus mudik lebaran Idul Fitri 2019, STC Pelabuhan Ketapang selalu siaga memantau monitor arus lalu lintas kapal feri yang menyeberang dari Banyuwangi ke Bali dan sebaliknya. */ ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.

RINGTIMES BANYUWANGI - Jumlah pasien positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terus bertambah. 

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi mengumumkan penambahan pasien positif Corona pada Kamis (28/5/2020) sebanyak satu orang, yakni seorang anak buah kapal (ABK), dinyatakan sebagai pasien 08 Banyuwangi

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, pasien 08 merupakan pria warga Kecamatan Tegadlimo yang selama ini bekerja di salah satu kapal penumpang Ketapang-Gilimanuk.

Baca Juga: Kakorlantas Memantau Langsung Situasi Arus Lalu Lintas

"Usianya 25 tahun, saat ini sedang isolasi mandiri di rumahnya dengan pantauan Puskesmas. Kondisinya baik dan tidak ada gejala klinis berarti," jelasnya, Kamis (28/5/2020), dilansir dari banyuwangikab.go.id. 

Rio, sapaan akrab Widji Lestariono, menjelaskan kronologis pasien 08, yakni pada 10 Mei 2020, pasien mengalami demam, batuk, dan nafsu makan turun. 

"Lalu dibawa ke RS Fatimah. Di sana lalu di-rapid test, hasilnya reaktif, dan foto thorax menunjukkan adanya pneumonia. Sehingga ditetapkan sebagai PDP. Lalu dilakukan tes swab, dan hasilnya dinyatakan positif. Yang bersangkutan proses dibawa ke salah satu rumah sakit rujukan, untuk pengawasan lebih lanjut," imbuhnya.

Baca Juga: XL Axiata Telah Meningkatkan Kapasitas Jaringan Hingga 2 Kali Dibandingkan Hari Normal

dr Rio menambahkan, pihaknya telah melakukan tracing kepada kontak erat pasien 08 ini. 

”Tracing kami lakukan, mulai dari tempat kerja pasien tersebut yang sudah di-rapid test, hasilnya non-reaktif. Kemudian keluarganya juga proses di-rapid test,” ujar dr Rio

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Pemkab Banyuwangi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X