Hindari Mengucapkan ‘Basmallah’ Ketika Hendak Melakukan Aktivitas Berikut

- 23 Februari 2021, 14:30 WIB
Ilustrasi Aktivitas yang Dilarang Mengucapkan Kalimat Basmallah /Unsplash / Positive Moslem Attitude/

RINGTIMES BANYUWANGI – Dalam kehidupan sehari-hari, ada sebuah hadist yang menyatakan bahwa sebelum memulai aktivitas, dianjurkan dengan mengucap kalimat Basmallah.

Kalimat sederhana tersebut, diucapkan dengan tujuan agar mendapatkan sebuah keberkahan dari Allah SWT. Meskipun terkesan biasa, namun ada berbagai manfaat dari membaca kalimat basmallah sebelum menjalani sebuah aktivitas sehari-hari.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setiap perkataan atau perkara penting yang tidak dibuka dengan dzikir pada Allah, maka terputus berkahnya.” (HR. Ahmad, 2: 359. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadist ini dha’if).

Baca Juga: Sebelum Memulai Sesuatu, Hendaklah Membaca Bismillah

Pentingnya tasmiyah (membaca kalimat basmallah) ini tergambar jelas, karena beberapa adanya hadist yang shahih menurut para ulama.

Dengan petunjuk Rasulullah SAW bagi orang yang lupa membacanya. Disebutkan dalam satu hadits dari ‘Aisyah, ia berkata: Rasulullah bersabda, yang artinya: “Jika salah seorang dari kalian akan makan, hendaklah menyebut nama Allah Ta’ala. Apabila lupa menyebut nama Allah Ta’ala, hendaklah mengucapkan: ‘Bismillah awwalahu wa akhirahu’.” [HR Abu Dawud dan at-Tirmidzi dan dishahîhkan oleh Syaikh al-Albâni].

Dalam hal ini, membaca kalimat tasmiyah atau bacaan basmalah merupakan sebuah hal yang wajib dalam melakukan sebuah aktivitas. Hal ini bertujuan, agar mendapat keberkahan dari aktivitas yang dilakukan, dan menghindari campur tangan setan yang dapat menyesatkan kita.

Baca Juga: Pandangan Islam Tentang Cara Menyikapi Hinaan Orang Lain

Membaca kalimat tasmiyah pada dasarnya memang sangat dianjurkan terutama dalam melakukan sebuah aktivitas. Namun, ada beberapa tindakan yang dilarang untuk mengucapkan basmallah sebelum memulai berbagai aktivitas berikut.

Dilansir Ringtimesbanyuwangi.com dari kanal YouTube Islam Populer pada 23 Februari 2021, berikut aktivitas yang dilarang untuk mengucapkan kalimat basmallah.

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X