Inilah Ancaman Nabi Untuk Pemimpin Pendusta dan Para Pendukungnya

- 21 April 2020, 19:30 WIB

RINGTIMES - Rasulullah adalah pemimpin agung dan menjadi teladan terbaik sepanjang zaman. Empat sifat utama kepemimpinan Rasulullah adalah shidiq (jujur), amanah, tabligh dan fatonah.

Kejujuran yang dibalut dengan sikap amanah atas tugas kepemimpina adalah sifat seorang pemimpin yang lahir dari sistem Islam.

Sifat fatonah merujuk kepada kemampuan atau kecerdasan yang melahirkan kecapakan memimpin.

Baca Juga: Walikota Probolinggo Beri Seremonial Sederhana Kepada Pasien Sembuh

Sebab jika perkara tidak diberikan kepada yang cakap atau ahli, kehancuranlah yang akan di dapat. Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah.

Bila amanat telah disia-siakan, maka tunggulah saat kehancurannya (atau itu adalah pertanda dekatnya Kiamat).

Ada Sahabat bertanya, “Bagaimana amanat tersebut disia-siakan wahai Rasulullah?” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Bila suatu perkara dipercayakan kepada orang yang bukan ahlinya, maka tunggulah masa kehancurannya.” [HR. Al-Bukhâri dan Ahmad]

Baca Juga: Ikhlas Sangat Sulit Dijalani, Simak Berikut Penjelasan Amalannya

Keempat sifat utama kepemimpinan Rasulullah ini menjadikan Rasulullah sebagai pemimpin agung yang menjadi inspirasi bagi kepemimpinan di dunia.

‘Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah’ (QS Al Ahzab : 21).

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: hajinews.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X