BMKG Imbau Potensi Mega Tsunami di Sepanjang Pantai Selatan Pulau Jawa, Warga Diimbau Waspada

- 21 September 2020, 21:17 WIB
Ilustrasi Tsunami besar yang berpotensi terjadi di Pantai Selatan Jabar dan Jatim, setinggi 20 meter. /pexels/GEORGE DESIPRIS

RINGTIMES BANYUWANGI – Prediksi akan terjadi Tsunami oleh para ahli mengimbau warga yang bermukim di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa untuk lebih waspada.

Dalam mengantisipasi kemungkinan terburuk, ada baiknya memaksimalkan supaya tetap berada pada posisi yang dirasa aman.

Berdasarkan hasil riset menunjukkan terdapat zona memanjang di antara pantai selatan Pulau Jawa dan Palung Jawa yang hanya memiliki sedikit aktivitas kegempaan.

Artikel ini sebelumnya telah terbit di Mantrasukabumi.com dengan judul BMKG: Waspada, Potensi Mega Tsunami di Sepanjang Pantai Selatan Pulau Jawa

Baca Juga: Pilih Transaksi Digital Selama Masa PSBB, Simak Cara Top Up ShopeePay

Untuk itu, bagi masyarakat yang bermukim di sepanjang Pantai selatan Jawa Barat dan selatan Jawa Timur diimbau lebih waspada kemungkinan potensi tsunami.

Diketahui, hal tersebut disebabkan oleh pecahnya segmen-segmen megathrust jalur sepi gempa (seismic gap) di Samudera Indonesia secara bersamaan.

“Tinggi tsunami dapat mencapai 20 meter di pantai selatan Jawa Barat dan 12 meter di selatan Jawa Timur,” kata Guru Besar bidang Seismologi di Institut Teknologi Bandung (ITB) Sri Widiyantoro sebagaimana dikutip oleh ringtimesbanyuwangi.com dari Mantrasukabumi.com dari RRI pada Minggu, 20 September 2020.

Sri mengatakan, hasil riset menggunakan data gempa dari katalog BMKG dan katalog International Seismological Center (ISC) periode April 2009 sampai November 2018, menunjukkan adanya zona memanjang di antara pantai selatan Pulau Jawa dan Palung Jawa yang hanya memiliki sedikit aktivitas kegempaan.

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas

Sumber: Mantra Sukabumi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X