Prediksi Potensi Tsunami Besar Akan Melanda Jawa Timur, BMKG: Paling Cepat di Blitar

- 2 Juni 2021, 19:09 WIB
Ilustrasi tsunami/Menurut penjelasan dari Dwikorita, ia menyebut bahwa BMKG telah melakukan penelitian setelah terjadi gempa di Jawa Timur sebanyak dua kali p
Ilustrasi tsunami/Menurut penjelasan dari Dwikorita, ia menyebut bahwa BMKG telah melakukan penelitian setelah terjadi gempa di Jawa Timur sebanyak dua kali p /Pexels/GEORGE DESIPRIS

RINGTIMES BANYUWANGI – Prediksi tentang tsunami besar akan melanda di Jawa Timur telah diberikan oleh Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG.

Guna membuktikan adanya gempa besar yang dapat menyebabkan tsunami besar di Jawa Timur tersebut, BMKG bersama para ahli di bidangnya telah melakukan beberapa penelitian ilmiah.

Dilansir dari PORTAL JEMBER melalui video yang diunggah kanal Youtube Info BMKG pada Jumat, 27 Mei 2021 menjelaskan tentang potensi gempa dan tsunami di Jawa Timur.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG, Senin, 31 Mei 2021, Hujan Akan Turun Sore Ini di Jakarta dan Sekitarnya

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati telah menjelaskan hal tersebut dalam Webinar bertajuk Kajian dan Mitigasi Gempabumi dan Tsunami di Jawa Timur ketika dirinya menjadi pembicara.

Menurut penjelasan dari Dwikorita, ia menyebut bahwa BMKG telah melakukan penelitian setelah terjadi gempa di Jawa Timur sebanyak dua kali pada awal tahun 2021.

"Jadi memang sejak awal tahun kami melakukan, sebelum ada kejadian gempa di Jawa Timur yang sudah dua kali ini, tepatnya akhir tahun kami melakukan evaluasi di wilayah Indonesia ini mengalami peningkatan kejadian gempa bumi di beberapa daerah," ujar Dwikorita.

Berdasarkan hal itu, BMKG akhirnya menyusun sebuah penelitian ilmiah untuk melihat potensi tsunami di Jawa Timur.

Baca Juga: Penjelasan BMKG Soal Peringatan Gempa Magnitudo 8,5 dan Tsunami di Wilayah Indonesia

"Dari sejarah dan data-data yang terekam hingga saat ini, akhirnya kami menyusun pemodelan secara matematis potensi tsunami di Jawa Timur," ungkap Dwikorita.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Portal Jember


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x