Gunung Raung Tidak Erupsi Hari Ini, Tak Ada Anomali Aktivitas

- 5 Juni 2021, 10:48 WIB
Letusan Gunung Raung.
Letusan Gunung Raung. /ANTARA/

RINGTIMES BANYUWANGI - Gunung Raung tidak erupsi dikonfirmasi Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung Burhan Burhan Alethea melalui pesan, Sabtu 5 Juni 2021.

Dia mengatakan bahwa level gunung api tersebut saat ini memang waspada (II), namun semalam hingga kini tidak mengalami erupsi.

"Tidak ada erupsi. Kalau status level II atau Waspada," kata Burhan.

Dalam foto yang dilaporkannya pada kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi memperlihatkan visual Gunung Raung semalam.

Baca Juga: PPGA Raung Berhenti Telusuri Kemunculan Dentuman dan Cahaya Panjang

Foto tersebut memperlihatkan kondisi gunung dengan latar belakang langit berbintang, tanpa kepulan debu vulkanik di atasnya.

Informasi kondisi Gunung Raung hari ini banyak dicari masyarakat.

Dibuktikan jumlah pencarian kata kunci 'gunung raung' di laman Google Trends.

Berita ini berusaha mengonfirmasi bahwa saat ini Gunung Raung tidak meletus dan tidak erupsi.

Baca Juga: PPGA Gunung Raung Lihat Cahaya Panjang tapi Tidak Dengar Suara Dentuman

Terkait kemunculan suara dentuman dan cahaya panjang di atas Raung, juga telah dikonfiirmasi tidak terkait dengan aktivitas gunung.

"Kalau dari aktivitas kegempaan Gunung Raung tidak ada yang menonjol, dari sebelumnya (kemunculan cahaya panjang), kemudian setelahnya, tidak ada yang menonjol," kata Ketua PPGA Raung Mukijo melalui telepon, Sabtu 5 Juni 2021.

Sebelumnya diberitakan Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung melaporkan kemunculan cahaya di atas Gunung Raung, Jumat malam, 4 Juni 2021.

Kepala PPGA Raung Mukijo melaporkannya dengan mengirim foto dan keterangan ke grup kesiapsiagaan bencana Kabupaten Banyuwangi, jelang tengah malam.

Baca Juga: Pos Pengamatan Pastikan Suara Dentuman dan Cahaya Panjang Bukan Aktivitas Gunung Raung

Foto itu menunjukkan tampilan cahaya di atas Gunung Raung yang masih dalam kondisi gelap karena terjadi malam hari.

Cahaya tersebut memanjang dalam posisi membujur atau memanjang bawah atas, namun tidak nampak benda di bawah atau atasnya.

PPGA Gunung Ijen belum bisa memastikan asal maupun pola gerakan cahaya panjang yang muncul di atas Gunung Raung tersebut.***

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x