Donor Plasma Convalesen di Jawa Timur Telah Diikuti Ratusan Penyintas Covid-19

- 25 Juli 2021, 22:04 WIB
Donor plasma convalesen diikuti ratusan penyintas Covid-19 Jatim. Donor plasma convalesen itu menunjukkan tingginya kegotong-royongan.
Donor plasma convalesen diikuti ratusan penyintas Covid-19 Jatim. Donor plasma convalesen itu menunjukkan tingginya kegotong-royongan. /Pixabay.com/geraldoswald62


RINGTIMES BANYUWANGI - Ratusan orang yang pernah menjadi pasien Covid-19 di Jawa Timur rela mendonorkan darahnya untuk menolong pasien Covid-19 yang saat ini berjuang untuk menyembuhkan diri.

Entah rasa senasib atau pengalaman sedih yang mendorong ratusan orang yang pernah menjadi pasien Covid-19 itu mendonorkan darahnya untuk membantu perjuangan pasien Covid-19 yang belum bebas dari sakit di saluran pernafasan itu.

Yang jelas ratusan mantan pasien Covid-19 itu berharap darah yang mereka donorkan mampu bekerja membantu badan-badan pasien Covid-19 memerangi virus Sars-Cov-2 yang tengah menyerang dari dalam.

Baca Juga: Manfaat Donor Darah yang Belum Banyak Orang Ketahui

Darah mantan pasien Covid-19 atau penyintas Covid-19 itu kemungkinan besar telah memiliki sistem kekebalan untuk meningkatkan kesehatan badan dan melawan Covid-19.

Ratusan orang penyintas Covid-19 itu sebelumnya harus melewati beberapa tahapan dalam penyaringan untuk donor plasma convalesen di Rumah Sakit Lapangan Indrapura.

Setidaknya jumlahnya 275 orang, dimana 180 melakukan donor di RS dr. Soepraun Malang, 74 di RS Lap Indrapura Surabaya, dan 21 orang di RS TK III Baladhika Husada Jember, yang tercatat.

Baca Juga: Anggota DPRD Banyuwangi Sudah Diperingati Sebelum Hajatan, Satgas Covid-19 Kecamatan Menyayangkan

Dokter Spesialias Bedah Saraf, Kolonel Ckm Krisna, menjelaskan donor plasma darah convalesen memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak, pendonor maupun penerima donor.

Penerima donor mendapatkan darah yang telah mengandung sistim kekebalan terhadap virus Sars-Cov-2 dan pendonor jadi bisa mengetahui apakah darahnya memiliki kekebalan yang cukup kuat saat berperan membantu badan orang lain.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Info Covid-19 Jatim


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X