Mantan Wadir CIA Sebut Afghanistan Tempat Paling Berisiko dari Terorisme

- 13 September 2021, 14:00 WIB
Afghanistan menjadi tempat yang paling berisiko dari terorisme dalam jangka panjang, kata mantan wakil direktur CIA, Michael Morell.
Afghanistan menjadi tempat yang paling berisiko dari terorisme dalam jangka panjang, kata mantan wakil direktur CIA, Michael Morell. /Reuters/

RINGTIMES BANYUWANGI – Mantan Wakil Direktur CIA, Michael Morell mengatakan bahwa Afghanistan kemungkinan akan menjadi surga baru terorisme jihad global, setelah Taliban merebut kendali usai penarikan AS dan NATO.

Menurut Morell, kemenangan Taliban dan keluarnya AS akan mengilhami para jihadis di seluruh dunia.

“Taliban memenangkan perang di Afghanistan dan kemudian cara kami keluar telah benar-benar membuat mengilhami para jihadis di seluruh dunia,” kata Morell dilansir dari laman Wahingtontimes pada 13 September 2021.

Baca Juga: Korea Utara Berhasil Uji Coba Rudal Jarak Jauh Terbarunya, Banyak Pihak Khawatir

Kegelisihan juga dialami di kalangan keamanan nasional AS mengenai sejauh mana Taliban bekerja dengan teroris jihad, meskipun para pemimpin Taliban sudah berjanji untuk menolak tempat berlindung bagi kelompok seperti al Qaeda.

Morell mengatakan bahwa jika mereka (kelompok teroris) tersebar, maka akan membuat Afghanistan lebih berbahaya daripada tempat lain di planet ini.

“Jadi setlah 9/11, mereka semua tersebar dari Afghanistan. Saya pikir kita akan melihat arus masuk kembali, dan itulah salah satu hal yang membuat Afghanistan lebih berbahaya daripada tempat lain di planet ini,” ujarnya.

Baca Juga: Jepang Keluhkan Kapal Selam yang Diyakini Milik China Berada di Perairan Teritorial

Morell meyakini bahwa Afghanistan menjadi tempat yang paling berisiko dari terorisme dalam jangka panjang, sebagaimana dilansir dari laman Newsweek.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Newsweek Washington Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x