Militer AS Sebut Uji Coba Rudal Korea Utara Menimbulkan Ancaman bagi Sekitarnya

- 13 September 2021, 14:25 WIB
Militer AS sebut uji coba rudal jarak jauh berkemampuan nuklir milik Korea Utara menimbulkan ancaman bagi sekitarnya.
Militer AS sebut uji coba rudal jarak jauh berkemampuan nuklir milik Korea Utara menimbulkan ancaman bagi sekitarnya. /Pixabay/stocksnap/

RINGTIMES BANYUWANGI – Komando Indo-Pasifik militer AS (INDOPACOM) mengatakan bahwa uji coba rudal jelajah jarak jauh Korea Utara bisa menimbulkan ancaman bagi negara sekitarnya.

“Kegiatan ini menyoroti fokus (Korea Utara) yang terus mengembangkan program militernya dan ancaman yang ditimbulkan terhadap tetangganya dan masyarakat internasional,” kata INDOPACOM dilansir dari Reuters pada 13 September 2021.

Diketahui, media pemerintah pada Senin, 13 September 2021 melaporkan bahwa Korea Utara berhasi melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh terbarunya selama akhir pekan.

Baca Juga: Korea Utara Berhasil Uji Coba Rudal Jarak Jauh Terbarunya, Banyak Pihak Khawatir

Rudal Korea Utara itu disebut sebagai senjata pertama berkemampuan nuklir yang dimiliki negara pimpinan Kim Jong-un tersebut.

Íni akan menjadi rudal jelajah pertama di Korea Utara yang secara eksplisit ditunjuk sebagai peran strategis,” kata Ankit Panda, rekan senior di Carnegie Endowment for Interational Peace, dilansir dari dari laman Reuters pada 13 September 2021.

Pemimpin Kim Jong-un mengatakan bahwa tujuan awal tahun ini, Korea Utara akan mengembangan bom yang lebih kecil.

Baca Juga: Menlu Prancis Ungkap Kebohongan Taliban: Mereka Berbohong

Hal ini membuat para analisis khawatir karena Korea Utara dan Korea Selatan telah terlibat dalam perlombaan senjata yang dikhawatirkan dapat membuat kawasan dipenuhi dengan rudal baru yang kuat.

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x