Pemerintah Indonesia Kirimkan Alat Kesehatan untuk Myanmar, Bantu Perangi Covid 19

- 18 September 2021, 20:40 WIB
Ilustrasi Covid-19 di dunia/Guna memerangi Covid-19 di negaranya, Indonesia memberikan sumbangan alat kesehatan untuk Myanmar senilai sekitar Rp2,9 Miliar.
Ilustrasi Covid-19 di dunia/Guna memerangi Covid-19 di negaranya, Indonesia memberikan sumbangan alat kesehatan untuk Myanmar senilai sekitar Rp2,9 Miliar. /Pexels/cottonbro

RINGTIMES BANYUWANGI - Solidaritas antar negara dalam memerangi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia terus terjalin dengan baik.

Terbaru, guna membantu rakyat Myanmar memerangi Covid-19 di negaranya, pemerintah Indonesia memberikan bantuan berupa peralatan kesehatan seperti masker KN95, alat pelindung diri serta sarung tangan medis.

Melalui Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), bantuan tersebut disalurkan dan telah diserahkan secara resmi kepada Myanmar melalui pertemuan virtual pada Rabu (15/9).

Adapun total bantuan yang diberikan tersebut senilai 200 ribu dolar AS atau sekitar Rp2,9 miliar.

Baca Juga: Hadapi Wabah Terburuk, Vietnam Setujui Penggunaan Vaksin Covid 19 Abdala Buatan Kuba

Dilansir dari ANTARA, KBRI Yangon menyampaikan secara tertulis bahwa bantuan tersebut akan dimanfaatkan untuk penanggulangan COVID-19 sekaligus sebagai bentuk implementasi Konsensus Lima Poin yang telah disepakati para pemimpin ASEAN pada April 2021, guna membantu penyelesaian krisis di Myanmar pascakudeta oleh militer negara itu.

Myanmar tak hanya mendapatkan bantuan dari Indonesia, Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi  menyampaikan bahwa Filipina, Thailand, dan Turki, serta Temasek Foundation International juga turut menyumbang.

Total bantuan yang diberikan oleh pihak-pihak tersebut adalah senilai 1,1 juta dolar AS atau sekitar Rp15,7 miliar.

Baca Juga: Indonesia Diapresiasi Dunia dalam Penanganan Pandemi Covid 19

AHA Centre selaku koordinator dukungan kemanusiaan di bawah ASEAN, akan bekerja sama dengan Myanmar Red Cross Society (MRCS) untuk mendistribusikan bantuan kepada pihak-pihak yang paling terdampak di Myanmar.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x