Korea Utara Siap Balas AS Mengenai Kapal Selam Nuklir Australia

- 20 September 2021, 20:59 WIB
Korea Utara mengancam siap balas AS atas bentuan kapal selam nuklir ke Australia.
Korea Utara mengancam siap balas AS atas bentuan kapal selam nuklir ke Australia. /Pexels/SpaceX/Pexels

RINGTIMES BANYUWANGI – Amerika Serikat (AS) mendapat peringatan dari Korea Utara mengenai kapal selam nuklir Australia.

Ancaman dilayangkan Korea Utara dengan sumpah akan membalas perbuatan Amerika Serikat atas kejadian bantuan kapal selam tersebut.

Perlombaan senjata nuklir yang memanas di negara-negara besar hingga Korea Utara turut memberi peringatan pada AS mengenai bahaya penyediaan teknologi kapal selam nuklir tersebut.

Baca Juga: Korea Utara Kecam AS Soal Kapal Selam Nuklir Australia

Dilansir dari Reuters pada Senin, 20 September 2021, kritik keras diberikan Korea Utara kepada AS dengan meyakinkan akan membalas hal tersebut.

"Berbahaya yang akan mengganggu keseimbangan strategis di kawasan Asia-Pasifik dan memicu rantai perlombaan senjata nuklir," kata kementerian Luar Negeri Korea Utara di media KCNA.

Kesepakatan yang dinilai ganda di Washington dengan merujuk pernyataan juru bicara Gedung Putih AS Jen Psaki menuai kritik dari Korea Utara yang dianggap mencari-cari konflik dengan China.

Baca Juga: AS dan Prancis Beri Bantuan Vaksin ke Indonesia

"Negara mana pun dapat menyebarkan teknologi nuklir jika itu untuk kepentingannya, dan ini menunjukkan bahwa AS adalah pelaku utama yang menggulingkan sistem non-proliferasi nuklir internasional," kata Kementerian Luar Negeri Korea Utara.

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x