Rumor 114 Kasus Hepatitis Akut Indonesia Dibantah, Dinkes Surabaya: Ada Penyakit Kuning

- 8 Mei 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi penyakit hepatitis dan kuning akut yang kian meneror Jawa Timur, Indonesia.
Ilustrasi penyakit hepatitis dan kuning akut yang kian meneror Jawa Timur, Indonesia. /Bady Abbas/Unsplash/

RINGTIMES BANYUWANGI – Setelah ditemukan tiga anak yang meninggal dikarenakan hepatitis akut misterius, kini di Surabaya, Jawa Timur ditemukan seorang pasien yang berusia 10 bulan dirawat karena terjangkit sindrom jaundice atau penyakit kuning akut.

Bagus Setyoboedi, Dokter Spesialis Hepatitis Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soetomo Surabaya menyebut pihaknya masih dalam investigasi lebih lanjut terkait penyakit kuning akut yang menyerang di Surabaya, Jawa Timur itu.

“Ada (kasus penyakit kuning), tapi sejauh ini kita masih investigasi. Usia pasien 10 bulan. Kita cari dulu seperti apa. Masih kita awasi," ujarnya saat jumpa pers yang digelar oleh Dinas Kesehatan di Jawa Timur via daring pada Jumat, 6 Mei 2022 dikutip Antara News.

Baca Juga: Kasus Kematian 3 Anak di Indonesia Diduga Hepatitis Akut

Bagus yang juga merupakan staf gastrohepatologis anak Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga menyebutkan bahwa gejala yang ada pada bayi itu belum mengarah ke hepatitis akut.

Gejala seperti gangguan kesadaran tidak dialami oleh pasien. Namun, terdapat masalah pada saluran empedu pasien.

Kendati demikian, pihak rumah sakit tetap menempatkan pasien di ruang isolasi khusus sebagai upaya pencegahan terjadinya penularan lebih lanjut.

Erwin Astha Triyono, Kepala Dinas Kesehatan Jatim menghimbau masyarakat untuk tetap tenang namun lebih berhati-hati dengan menerapkan pola hidup sehat.

Baca Juga: Masyarakat Diizinkan Masuk Lapangan Usai Sholat Idul Fitri di JIS, Anies Baswedan: Ada Rutenya

Halaman:

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x