TNI Polri Optimalkan Peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk Cegah Penyebaran Virus PMK di Jember

- 10 Juli 2022, 14:43 WIB
Perkembangan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Jember, per 7 Juli 2022 sudah meluas di 31 Kecamatan di Kabupaten Jember
Perkembangan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Jember, per 7 Juli 2022 sudah meluas di 31 Kecamatan di Kabupaten Jember /tribratanews.banyuwangi.jatim.polri.go.id

RINGTIMES BANYUWANGI - Perkembangan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Jember, per 7 Juli 2022 sudah meluas di 31 Kecamatan di Kabupaten Jember.

Guna melakukan pencegahan penyebaran perluasan, Kapolres Jember AKBP. Hery Purnomo SIK. SH. bersama Kodim 0824 Jember menginstruksikan ke jajaran Polsek dan Koramil hingga Bhabinkamtibmas dan Babinsa, untuk melakukan monitoring hewan ternak sapi dan kambing serta memberikan edukasi dan sosialisasi pada warga yang memiliki ternak.

“Kami bersama dengan Kodim menggerakkan dan menginstruksikan kepada jajaran Polsek hingga Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk melakukan monitoring serta selalu koordinasi dengan petugas kesehatan hewan di setiap kecamatan yang ada di Jember, hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus PMK terhadap ternak tidak semakin meluas,” ujar Kapolres Jember AKBP. Hery Purnomo SIK. SH,kemarin Jumat 8 Juli 2022. 

Baca Juga: Ini Hukuman MSAT Pelaku Pencabulan Santriwati Ponpes Jombang dan Tetap Perlakuan Sama di Dalam Rutan

Selain menginstruksikan jajarannya untuk monitoring, Kapolres juga memberi perintah Bhabinkamtibmas dan Babinsa secara rutin untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke kandang ternak, kendaraan pengangkut ternak, dan juga pasar hewan di setiap kecamatan.

“Selain melakukan monitoring, kami juga perintahkan kepada anggota kami di lapangan untuk rutin melakukan penyemprotan disinfektan ke hewan ternak, kandang, kendaraan pengangkut ternak, serta di pasar-pasar hewan yang ada di setiap kecamatan,” jelas Kapolres.

Selain itu, kepada Polsek berada di perbatasan seperti di Kecamatan Sumberbaru dan Jombang, Kapolres menekankan kepada jajarannya untuk melakukan penyekatan terhadap lalu lintas ternak bersama petugas kesehatan hewan. 

Baca Juga: Predator Seksual Mas Bechi Serahkan Diri Usai Dikepung 16 Jam

“Terutama di Polsek yang ada di perbatasan dengan Kabupaten lain, seperti Sumberbaru dan Jombang, kami juga melakukan penyekatan terhadap lalu lintas hewan ternak, petugas di pos harus benar-benar memeriksa kondisi ternak yang dikirim ke Jember,” tegas Kapolres.

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x