Korea Selatan Akan Berunding dengan Jepang Terkait Konflik Di Semenanjung Korea

- 16 Juli 2022, 14:10 WIB
Bendera nasional Jepang dan Korea Selatan di hotel, di mana kedutaan Korea Selatan di Jepang mengadakan resepsi untuk menandai peringatan 50 tahun normalisasi hubungan antara Seoul dan Tokyo, di Tokyo, 22 Juni 2015
Bendera nasional Jepang dan Korea Selatan di hotel, di mana kedutaan Korea Selatan di Jepang mengadakan resepsi untuk menandai peringatan 50 tahun normalisasi hubungan antara Seoul dan Tokyo, di Tokyo, 22 Juni 2015 /Reuters

RINGTIMES BANYUWANGI – Meskipun konflik yang pernah terjadi antara dua sekutu Amerika Serikat di Asia bagian Timur antara Korea Selatan dengan Jepang sejak penjajahan Jepang tahun 1910-1945 di Korea, tak membuat Amerika Serikat pesimis.

Hal ini dilakukan guna mempererat hubungan diantara kedua sekutu tersebut. Sebagaimana dikutip dari Reuters pada 16 Juli 2022, tentu saja hal tersebut dilakukan Amerika Serikat bukan tanpa sebab.

Amerika Serikat menekankan terhadap Korea Selatan dan Jepang untuk memperkuat pagar pertahanan dalam menghadapi ancaman Nuklir Korea Utara dan progesifitas perngaruh Tiongkok.

Baca Juga: Meninggalnya Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe Tinggalkan 4 Warisan Untuk Jepang

Dalam hal ini, Korea Selatan mengagendakan kunjungan diplomatis ke Tokyo Jepang pada minggu depan, bertujuan membahas solusi atas konflik sejarah yang pernah dialami dan memperketat pertahanan atas ancaman Nuklir Korea Utara dan Pengaruh Tingkok.

Meskipun demikian, peristiwa kematian mantan perdana mentri Jepang Shinzo Abe dapat mempengaruhi prioritas kebijakan Jepang, kata para pejabat Seoul.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, berjanji akan meningkatkan hubungan Trilateral terkhusus dibidang pertahanan dengan Jepang dan Amerika Serikat.

Yoon Suk-yeol yakin atas kemenangan pemilihan Perdana Mentri Jepang Fumio Kishida yang dirasa Korea Selatan dapat memberi lebih banyak ruang untuk memajukan agenda kebijakannya.

Baca Juga: Kronologi Penembakan Shinzo Abe Eks PM Jepang di Nara

Halaman:

Editor: Rika Wulandari

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x