Dituduh Mengingkari Kesepakatan Perekrutan, Indonesia Ancam Malaysia Tidak Kirim TKI Lagi

- 17 Juli 2022, 10:50 WIB
Ilustrasi TKI
Ilustrasi TKI /Pikiran-rakyat.com

 

RINGTIMES BANYUWANGI – Nampaknya Pemerintah Malaysia kini tengah merasa was-was ketika Pemerintah Indonesia memberikan ancaman penangguhan pengiriman TKI ke Malaysia.

Melalui Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Haromono pada, 12 Juli 2022, mengatakan bahwa Indonesia menolak mengirimkan TKI untuk bekerja di Malaysia.

Indonesia menolak mengirimkan TKI ke Malaysia lantara Putrajaya telah dituduh mengingkari kesepakatan perekrutan untuk berhenti menggunakan Sistem Pembantu Online yang dinilai kontroversial.

Baca Juga: Korea Selatan Akan Berunding dengan Jepang Terkait Konflik Di Semenanjung Korea

Nota kesepahaman tenaga kerja telah ditandatangani di Jakarta pada Maret lalu dan langsung disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri.

Untuk menanggapi masalah tersebut, Lim Guan Eng selaku anggota parlemen pada hari ini mendesak Ismail Sabru untuk melakukan pembicaraan bilateral dengan Indonesia untuk menyelesaikan masalah kekurangan pekerja di Malaysia.

Menurut anggota Parlemen Bagan, mengatakan bawah intervensi pribadi Perdana Menteri dapat dengan segera meyakinkan Indonesia untuk mencabut penangguhan pengiriman TKI ke Malaysia.

Baca Juga: Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Sempat Ditolak Maladewa Sebelum Kirim Surat Pengunduran Diri

Halaman:

Editor: Rika Wulandari

Sumber: Malay Mail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x