Tokyo Turun Urutan Sebagai Kota Biaya Hidup Termahal di Dunia

- 17 Juli 2022, 18:30 WIB
Ilustrasi kota Tokyo
Ilustrasi kota Tokyo /Pixabay.com/Myo Min Kyaw

RINGTIMES BANYUWANGI - Kota Tokyo, Jepang telah jatuh ke urutan kesembilan dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal di dunia untuk orang yang bekerja dari luar negeri, dari yang sebelumnya menduduki posisi ketiga pada tahun 2021.

Alasan Tokyo jatuh ke urutan kesembilan dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal sebagian karena diakibatkan karena melemahnya yen terhadap dolar AS dan mata uang utama lainnya,

Dilansir dari The Japan Times pada Minggu, 17 Juli 2022 yang mengutip dari Survei Mercer dari Amerika Serikat, mengatakan hasil survei terkait biaya hidup berubah karena merupakan dampak dari pandemi virus corona, konsekuensi dari invasi Rusia ke Ukraina, nilai tukar yang bervariasi, dan lonjakan harga yang menekan gaji dan tabungan di seluruh dunia.

Baca Juga: Korea Selatan Akan Berunding dengan Jepang Terkait Konflik Di Semenanjung Korea

Saat ini, Hong Kong menduduki puncak daftar kota termahal di dunia, menduduki posisi terdepan. Hong Kong sebelumnya dinobatkan sebagai kota termahal selama tiga tahun berturut-turut hingga 2020.

Kota-kota Asia menempati empat dari 10 besar, yakni Singapura, Tokyo, dan Beijing menempati urutan delapan hingga 10.

Dalam peringkat 10 teratas, terdapat kota-kota Asia yang menduduki sebagai kota termahal, yakni kota-kota Cina mengisi enam tempat.

Survei Mercer memberikan penjelasa, kota-kota di China menjadi termahal karena semakin kuatnya yuan China yang membuat daratan di negara itu menjadi lebih mahal untuk ditinggali.

Baca Juga: Meninggalnya Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe Tinggalkan 4 Warisan Untuk Jepang

Sebaliknya, kota-kota Jepang dan Korea menjadi turun dari yang termahal karena dikaitkan dengan efek mata uang mereka yang lebih lemah.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: The Japan Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x