Kapal Mutiara Timur Terbakar di Perairan Bali

- 17 November 2022, 12:48 WIB
Kapal Motor (KM) Mutiara Timur I milik ALP yang membawa ratusan penumpang mengalami kebakaran di pesisir utara Karangasem, Bali.
Kapal Motor (KM) Mutiara Timur I milik ALP yang membawa ratusan penumpang mengalami kebakaran di pesisir utara Karangasem, Bali. /Dian Effendi/Ringtimes

RINGTIMES BANYUWANGI - Kapal Motor (KM) Mutiara Timur I milik ALP (Atosim Lampung Pelayaran) yang membawa ratusan penumpang mengalami kebakaran di pesisir utara Karangasem, Bali pada Rabu, 16 November 2022.

Berdasar laporan awal ke Basarnas oleh Agung Petugas VTS Benoa, kapal yang membawa 235 dewasa, 1 bayi dan 35 kru kapal itu mengalami kebakaran diduga akibat bocornya bahan kimia dari truk ekspedisi SKT.

Kronologi kejadian bermula ketika kapal motor yang dinahkodai oleh Kapten William yang bertolak dari pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi pukul 06:45 pagi itu sedianya sandar di Pelabuhan Gilimas, Lembar pada 16:00 WIB.

Baca Juga: Massa akan Demo Kejari Banyuwangi, Oknum Kepala Bidang Diduga Juga Terlibat Korupsi Mamin BKPP

Dalam perjalanan, sekitar pukul 15:00 tiba-tiba terjadi suara ledakan diikuti timbulnya api yang bersumber dari truk ekspedisi SKT di deck lantai dua.

Penyebab kebakaran diperoleh setelah awak kapal melakukan penelusuran dan sopir memberikan pengakuan bahwa kendaraannya bermuatan bahan kimia.

“Apinya berasal dari kebocoran bahan kimia yang diangkut truk ekspedisi,” ungkap salah satu ABK ketika dimintai keterangan.

Beruntungnya api tak menjalar dengan sangat cepat lantaran hujan lebat turun ketika kejadian berlangsung.

Baca Juga: DPRD Banyuwangi Gelar Audiensi Sikapi Bencana Banjir di Kalibaru dan Glenmore

Selanjutnya kru kapal mengevakuasi dan membagikan jaket pelampung kepada masing-masing penumpang.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x