Tingkatkan Kualitas Binaan, Dinas Perikanan Banyuwangi Lakukan Bedah UPI

- 13 Desember 2022, 15:12 WIB
Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi memiliki kelompok binaan yang berfokus pada pengolahan ikan yang disebut UPI atau Unit Pengolahan Ikan.
Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi memiliki kelompok binaan yang berfokus pada pengolahan ikan yang disebut UPI atau Unit Pengolahan Ikan. /Fitri anggiawati/Ringtimes Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI- Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi memiliki kelompok binaan yang berfokus pada pengolahan ikan yang disebut UPI atau Unit Pengolahan Ikan. 

Kelompok ini bertujuan untuk mengoptimalkan pendapatan dengan mengolah sisa hasil laut yang tidak terjual habis. 

“Basisnya kita dari awal adalah nelayan. Misal dia mendapat hasil 10 kilogram, jika dijual langsung tidak selalu laku seluruhnya. Bisa sekaligus, bisa 8 kg, 1 kg dikonsumsi sendiri, nah selebihnya ini kalau dari pagi sampai sore, akan menyusut nilainya,” ungkap Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Perikanan, Irfan. 

Baca Juga: Targetkan Kesehatan Hewan Peliharaan, Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi Gelar Vaksinasi

Hal ini yang kemudian mendasari Dinas Perikanan untuk melakukan edukasi kepada UPI untuk melakukan pengolahan ikan tersebut menjadi abon, dimsum atau lainnya agar meningkatkan kembali value sehingga bisa menambah penghasilan. 

Namun pendirian UPI sendiri sejatinya memiliki standarisasi khusus yaitu GMP (Good Manufacturing Practises) dan SSOP (Santitation Standard Operating Procedure) yang tidak semua UPI dapat memenuhinya. 

GMP sendiri merupakan pedoman produksi pangan yang baik dengan tujuan produsen menghasilkan produk yang bermutu dan aman dikonsumsi. 

Baca Juga: Dukung UPI Naik Kelas, Dinas Perikanan Banyuwangi Dampingi Produksi hingga Promosi

Sedangkan SSOP meliputi keamanan air, permukaan kontak bahan pangan, pencegahan kontaminasi silang serta tempat cuci tangan dan toilet.

Selain itu juga mencakup proteksi bahan kontaminasi kimia, pelabelan, penyimpanan dan penanganan toksin, serta kesehatan pegawai dan pengendalian hama. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x