BPS Tunjuk Banyuwangi Jadi Pilot Project Pemanfaatan Platform Digital Regsosek

- 21 Januari 2023, 12:05 WIB
Kabupaten Banyuwangi dipilih menjadi pilot project pemanfaatan platform digital registrasi sosial ekonomi
Kabupaten Banyuwangi dipilih menjadi pilot project pemanfaatan platform digital registrasi sosial ekonomi /Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi dipilih menjadi pilot project pemanfaatan platform digital registrasi sosial ekonomi (Regsosek) Badan Pusat Statistik (BPS) RI.

Penunjukan ini didasarkan pada kesiapan Banyuwangi dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sebagai dasar pengambilan kebijakan selama ini. 

Hal tersebut disampaikan Kepala BPS RI, Margo Yuwono, saat bertemu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi, Jumat, 20 Januari 2023.

Turut mendampingi Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik, Imam Machdi; Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan; Direktur Statistik Ketahanan Sosial, Nurma Midayanti; Direktur Sistem Informasi Statistik, Puji Isnartini; serta Kepala BPS Banyuwangi, Joko Santoso. 

Margo menyampaikan, Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang menjadikan data sebagai landasan penting dalam perumusan kebijakan maupun evaluasi pembangunan sehingga program-program yang dilaksanakan lebih tepat sasaran. Misalnya dalam masalah pengurangan kemiskinan. 

“Sekitar sedekade ini kinerja pengurangan kemiskinan di Banyuwangi berjalan dengan baik. Dengan segala intervensinya program yang didasarkan pada data, ini menjadi poin penting bagi kami. Bahkan, ini menjadi pemicu kami program apa yang telah Banyuwangi intervensi, kami jadikan analisis dan masuk dalam platform kami,” kata Margo.

Angka kemiskinan di Banyuwangi memang terus menurun hingga menjadi satu digit, setelah sedekade sebelumnya selalu di atas dua digit. Per 2022, berdasarkan data BPS, kemiskinan di Banyuwangi pada 2022 kembali menurun menjadi 7,51 persen, level terendah sepanjang sejarah kabupaten ini sejak Indonesia merdeka.

Selain itu, lanjut Margo, Banyuwangi juga dinilai mampu dan siap dalam hal pengelolaan data. Hal ini dapat dilihat dari keseriusan Banyuwangi dalam pengelolaan data, mulai dari Smart Kampung, aplikasi dasa wisma hingga pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SBPE) bahkan hingga ke level desa. 

Bahkan dalam penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada 2021 lalu, indeks SPBE Banyuwangi menjadi yang terbaik kedua se-Indonesia.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x