Bupati Ipuk Targetkan 3.700 Ikut Program Warung Naik Kelas dan Bantuan Alat Usaha

- 28 Januari 2023, 14:43 WIB
Bupati Banyuwangi dalam program Bunga Desa di Wongsorejo
Bupati Banyuwangi dalam program Bunga Desa di Wongsorejo /

RINGTIMES BANYUWANGI - Berbagai program peningkatan ekonomi arus bawah terus digeber Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Mulai dari Warung Naik Kelas (Wenak) hingga pelatihan serta pembagian alat usaha yang dia gulirkan sejak awal menjabat pada 26 Februari 2021 lalu. Pada 2023, Ipuk menargetkan 3.700 orang mendapat sentuhan program-program ini.

Wenak merupakan program untuk meningkatkan kualitas warung-warung kecil yang tergolong usaha ultra mikro milik rakyat.

Program ini memfasiltasi perbaikan warung kecil dan memberikan bantuan alat-alat usaha sesuai kebutuhan pemilik warung. Seperti etalase, dispenser, blender, meja-kursi, peralatan makan, dan lainnya.

"Warung rakyat ini adalah salah satu tumpuan banyak masyarakat. Pemilik warungnya mendapatkan nafkah, warga masyarakat memperoleh makanan dengan harga terjangkau. Kami bantu agar tetap bergeliat sekaligus ini bagian dari peningkatan ekonomi arus bawah," kata Ipuk, Jumat, 27 November 2023.

Baca Juga: Banyuwangi Libatkan Penjual Sayur Keliling Salurkan Makanan ke Balita Stunting

Skema para penerima program Wenak merupakan usulan dari masyarakat yang kemudian diverifikasi oleh dinas terkait. 

"Pemilik warung mendapat alokasi Rp1 juta, yang digunakan untuk membeli alat atau melengkapi warung, seperti membeli etalase, alat makan, dan sejenisnya. Para penerima adalah pengusaha ultra mikro, sehingga dengan bantuan yang nominalnya tidak besar ini bisa memberi dampak untuk pengembangannya," terang Ipuk.

Anggaran program ini selain berasal dari APBD juga melibatkan sinergi lintas sektor. Sejak digulirkan telah disalurkan bantuan Wenak terhadap 565 warung rakyat. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x