Prof Yohanes Surya-Bupati Banyuwangi ke Desa-Desa, Rekrut Pelajar Jadi Jago Matematika

- 2 Maret 2023, 18:44 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Prof Yohanes, dan Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi mengunjungi SDN 2 Kesilir, Kecamatan Siliragung dalam acara kick off smart gasing.
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Prof Yohanes, dan Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi mengunjungi SDN 2 Kesilir, Kecamatan Siliragung dalam acara kick off smart gasing. /Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi tengah merintis pengembangan Pusat Sains dengan menggandeng ilmuwan Prof Yohanes Surya untuk mengajarkan pelajar Banyuwangi metode “Smart Gasing” (Gampang Asyik dan Menyenangkan) dalam pembelajaran matematika.

Prof Yohanes Surya, yang merupakan fisikawan Indonesia dan pembimbing Tim Olimpiade Fisika Indonesia/TOFI, datang langsung ke desa di Banyuwangi.

Bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Prof Yohanes mengunjungi SDN 2 Kesilir, Kecamatan Siliragung, Kamis, 2 Maret 2023 yang mana SD tersebut ditempuh sekitar 60 menit dari pusat kota.

“Matematika ini menjadi salah satu ilmu terpenting, ratunya ilmu pengetahuan. Ini sekaligus membentuk logika anak, kemampuan analisis. Sehingga dengan kita latih matematika, mereka bisa menjadi anak hebat, jago sains, punya kemampuan analisis, yang ini menjadi bekal bagi masa depannya,” ujar Ipuk.

Baca Juga: Geber Uang Saku Tiap Hari untuk Pelajar Kurang Mampu, Bupati Banyuwangi: Semangat Sekolahnya

Dia mengatakan, pada tahap awal, pelatihan Matematika intensif ini di empat kecamatan, yakni Siliragung, Pesanggaran, Tegaldlimo, dan Bangorejo.

"Kita sengaja sasar anak-anak di desa yang mungkin secara fasilitas lebih terbatas. Kita ingin dampingi lompatan anak-anak di desa, dan mereka harus bisa berprestasi setinggi mungkin,” ujarnya.

"Untuk tahap awal kami ajak 30 guru dan 90 murid dari 4 kecamatan. Khusus guru mengikuti Training of Trainer (ToT).

Pada sesi pagi guru akan dibriefing oleh para trainer dari tim Prof Yohanes Surya. Lalu di sesi berikutnya, guru akan langsung praktik di kelas, mengajarkan metode Smart Gasing kepada siswanya. Hal ini akan dilakukan secara intens selama 14 hari,” ungkap Ipuk.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x