PT INKA Banyuwangi Telah Diresmikan, Netizen Ragu Perihal Lapangan Kerjanya

- 10 Maret 2023, 16:44 WIB
PT INKA Banyuwangi telah diresmikan dan akan membuka lapangan kerja baru
PT INKA Banyuwangi telah diresmikan dan akan membuka lapangan kerja baru /Instagram/banyuwangi_kab/

RINGTIMES BANYUWANGI - PT INKA disebut-sebut sebagai Pabrik kereta api terbesar se-ASEAN yang berada di Kabupaten Banyuwangi kini sudah mulai beroperasi.

Pada Kamis (9/3/2023) diadakan peresmian workshop pabrik dan juga sekaligus teken kontrak pengadaan kereta penumpang dan kereta rel listrik (KRL).

Kerjasama dengan total nilai sekitar Rp 9 triliun tersebut melibatkan antara tiga perusahaan, yakni PT INKA (Persero), PT KAI (Persero) dan PT KCI atau KAI Commuter.

Baca Juga: Fakta-Fakta Gadis Keterbelakangan Mental Diperkosa Tiga Kakek di Banyuwangi

Workshop INKA di Banyuwangi juga bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) di Banyuwangi untuk bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja.

Kartika Wiryoadmojo selaku Wakil Menteri BUMN II meresmikan workshop tersebut dan didampingi oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi.

Dalam kontrak pengadaan tersebut workshop PT INKA di Banyuwangi akan membuat car body (badan kereta) dan secara bertahap akan dibangun fasilitas lainnya termasuk test track sepanjang 4 km.

Wakil Menteri Kartika Wiryoadmojo mengungkapkan bahwa pabrik kereta api terbesar se-Asia Tenggara itu dibangun untuk bisa meningkatkan produksi kereta api kualitas ekspor.

"Kehadiran workshop itu juga otomatis akan mendorong pembukaan lapangan kerja," tambah Kartika Wiryoadmojo.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x