Mengenal Tari Rejang Renteng yang Ditarikan Wanita PHDI Kecamatan Banyuwangi

- 24 Maret 2023, 10:16 WIB
Wanita PHDI Kecamatan Banyuwangi tampilkan Tari Rejang Renteng dalam upacara Melasti.
Wanita PHDI Kecamatan Banyuwangi tampilkan Tari Rejang Renteng dalam upacara Melasti. /Fitri Anggiawati/Ringtimes/

RINGTIMES BANYUWANGI- Upacara Melasti di Kecamatan Banyuwangi telah berlangsung dengan lancar dan sukses pada Minggu, 19 Maret 2023.

Sebagai rangkaian menjelang Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023, Melasti banyak menampilkan sisi menarik, diantaranya penampilan Tari Rejang Renteng.

Tarian sakral tersebut merupakan tarian untuk penyambutan dewa yang datang dan akan digelarkan pemujaan.

“Supaya menyenangkan beliau,” tutur sekretaris Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kecamatan Banyuwangi I Wayan Mustika kepada Ringtimes Banyuwangi

Tak hanya Melasti, Wayan menyebut Tari Rejang Renteng juga turut dihadirkan saat upacara penting diantaranya ulang tahun pura atau acara yang mengundang kedatangan dewa.

Baca Juga: Data Calon Pengantin Tersebar, Kepala KUA Kecamatan Banyuwangi Meminta Maaf

Tarian tersebut berfungsi sebagai tari wali atau tari sakral yang ditarikan pada saat piodalan yang berkaitan dengan niskala (hubungan dengan Tuhan).

Untuk diketahui, Rejang Renteng adalah sebuah tarian yang dibawakan sekelompok wanita dengan pola gerakan yang sederhana dan menggunakan olah rasa.

Secara harfiah, Rejang Renteng berasal dari kata renteng atau rente yang memiliki makna renta, tua, atau bisa juga berarti sudah berkeluarga.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x