Mengenal Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus KHA Dahlan Banyuwangi

- 28 Maret 2023, 12:54 WIB
Santri dan pendidik Ponpes ABK KH Ahmad Dahlan Banyuwangi
Santri dan pendidik Ponpes ABK KH Ahmad Dahlan Banyuwangi /Fitri Anggiawati/Ringtimes/

RINGTIMES BANYUWANGI- Sebuah pondok pesantren (Ponpes) yang khusus memberikan pembinaan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) berdiri di Banyuwangi.

Adalah Pondok Pesantren ABK KH Ahmad Dahlan yang Jalan Singosari Nomor 3, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Banyuwangi.

Berdiri dan mengawali kegiatan pada 25 Oktober 2019 dengan satu santri, kini santri di ponpes tersebut mencapai 27 anak.

Baca Juga: Aura Lentera Dukung Kontribusi Difabel untuk Bazar Kuliner Ramadhan Banyuwangi

Keseluruhan santri terdiri atas ABK autis, hambatan berpikir, hiperaktif, tuna netra, dan terlambat bicara yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Yang paling jauh (santri berasal) dari Kota Tenggarong, Kalimantan Timur,” ungkap Pimpinan Ponpes ABK KHA Dahlan Atfal Fadloli.

Selain itu, meskipun didominasi dari beberapa wilayah di Jawa Timur, juga terdapat santri yang berasal dari Bali, Indramayu, hingga Bandung.

Seperti santri dari Kota Tenggarong, Atfal menyebut orang tua ABK pada umumnya mendatangi dan menyerahkan anaknya untuk dirawat dan dibina melalui media sosial.

Umumnya, para orang tua disebutnya membutuhkan layanan yang tepat untuk ABK, karena jika hanya bersekolah seperti biasa, maka pendampingan sudah selesai saat jam berakhir.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x