Tantrum Akibat Bully jadi Latar Belakang ABK Masuk Ponpes KH Ahmad Dahlan Banyuwangi

- 28 Maret 2023, 13:02 WIB
Salah satu anak didik Ponpes ABK KH Ahmad Dahlan Banyuwangi
Salah satu anak didik Ponpes ABK KH Ahmad Dahlan Banyuwangi /Instagram @ponpes.abk_banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI- Pondok pesantren (Ponpes) anak berkebutuhan khusus (ABK) KH Ahmad Dahlan yang berlokasi di Jalan Singosari Nomor 3, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Banyuwangi dipercaya melakukan pendampingan terhadap 27 santrinya.

Berasal dari berbagai kota dan latar belakang, para anak ABK diserahkan oleh orangtua yang membutuhkan bantuan dalam pendampingan tumbuh kembang.

Beberapa permasalahan yang dialami orang tua ABK diantaranya adalah ketidak mandirian, tantrum, hingga kurangnya edukasi untuk memberikan stimulasi dan terapi.

“Alhamdulillah di sini makannya nurut, diarahkan manut,” ujar Pimpinan Ponpes ABK KH Ahmad Dahlan Atfal Fadloli pada Senin, 27 Maret 2023.

Baca Juga: Pakde Sinom, Minuman Khas Surabaya yang Digemari Warga Banyuwangi

Perkembangan bagus para ABK disebut Atfal dapat disebabkan karena banyaknya teman saat di ponpes, yang merupakan kondisi terbalik ketika mereka masih di rumah masing-masing dan jarang melakukan sosialisasi dengan lingkungan.

“Kalau keluar mereka di-bully oleh teman-teman yang lain, otomatis di dalam (rumah). Di dalam bosan, akhirnya tantrum,” tambahnya.

Bullying yang menjadi momok, nyatanya dialami oleh beberapa santri ponpes ini di lingkungan mereka berasal yang dilakukan oleh sesama anak-anak.

Ponpes ABK KH Ahmad Dahlan memiliki 27 santri dengan santri paling kecil berusia tujuh tahun dan paling besar mencapai 40 tahun.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x