Cek Normalisasi Kali Lo, Bupati Ipuk: Sedimen 18.000 Meter Kubik Diangkat

- 2 April 2023, 15:49 WIB
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani didampingi Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Guntur Priambodo saat meninjau pekerjaan normalisasi sungai Kali Lo. Normalisasi perlu dilakukan karena sedimen Kali Lo terlalu dangkal dan kerap menyebabkan banjir.
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani didampingi Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Guntur Priambodo saat meninjau pekerjaan normalisasi sungai Kali Lo. Normalisasi perlu dilakukan karena sedimen Kali Lo terlalu dangkal dan kerap menyebabkan banjir. /Dian Effendi/Dok. Humas Pemkab Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI – Normalisasi Kali Lo yang melintasi wilayah perkotaan Banyuwangi sudah 80 persen diselesaikan. 

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meninjau langsung pekerjaan normalisasi tersebut di wilayah Muara Kali Lo.  

“Kali Lo ini sedimentasinya sudah tinggi. Kita lakukan penggalian (normalisasi), kita kembalikan lagi desain semula, supaya Kali Lo bisa menampung air lebih banyak, tidak sampai banjir lagi,” kata Ipuk saat meninjau di lokasi, Kamis 30 Maret 2023 lalu.  

Baca Juga: Bertemu LDII, Bupati Ipuk Fiestiandani Sinergikan Penanganan Masalah Sosial

Normalisasi sungai ini, kata Ipuk, untuk memperbaiki dan mengembalikan fungsi sungai agar bisa menampung air yang lebih besar. 

Meningkatnya kapasitas tampungan sungai diharapkan perkampungan di perkotaan yang biasanya kena imbas luapan air, bisa bebas banjir.  

“Kali Lo sudah digali hingga 2 meter, dan endapan yang diangkat sampai 18 ribu m3. Untuk itu, saya minta kita semua bisa menjaga ini. Jangan lagi buang sampah sembarangan ke sungai. Eman, sungai yang tadinya sudah dikeruk kalau harus tertimbun sampah lagi. Nanti kalau sedimen tinggi lagi, banjir lagi jadinya. Untuk itu mari kita jaga bersama Kali Lo,” kata Ipuk.  

Baca Juga: Resep Soto Ceker Khas Banyuwangi, Gurih Nikmat Untuk Hidangan Buka Puasa

Selain normalisasi, Ipuk menjelaskan bahwa pembuatan bronjong untuk mencegah erosi dan longsor di pinggir-pinggir sungai dan tanggul juga terus dilakukan pemkab. 

“Ada 16 titik yang kami pasangi bronjong. Sudah selesai sebagian besar, termasuk yang di Sobo. Pengantigan yang kemarin ada longsor, bronjongnya juga hampir selesai. Peninggian tanggul di kawasan perkampungan juga sudah kita lakukan,” kata Ipuk.  

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x