Peringati Hari Nelayan Nasional, Dinas Perikanan Banyuwangi Imbau Tak Tangkap Hiu

- 11 April 2023, 09:37 WIB
Sosialisasi ikan dilindungi dalam peringatan hari nelayan nasional
Sosialisasi ikan dilindungi dalam peringatan hari nelayan nasional /Dinas Perikanan Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI- Hari nelayan nasional menjadi peringatan tahunan yang jatuh setiap tanggal 6 April setiap tahunnya.

Memperingati hari tersebut, Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi turut menggelar rangkaian acara peringatan yang diisi dengan berbagai kegiatan di kawasan Pantai Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran pada Kamis, 6 April 2023..

“Salah satunya adalah sosialisasi larangan penangkapan ikan-ikan dilindungi yang terdaftar dalam CITES,” ungkap Sekretaris Dinas Perikanan Banyuwangi Suryono Bintang Samudra.

CITES atau Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora merupakan perjanjian internasional antar negara yang bertujuan untuk melindungi tumbuhan dan satwa liar dari perdagangan internasional.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi dan Ikawangi Dewata Fasilitasi Mudik Gratis

Acara digelar dengan dukungan dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Bali dan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP).

“BPSPL menyampaikan daftar ikan yang dilarang sesuai CITES mulai apendiks I hingga III,” lanjutnya.

Untuk diketahui, dilansir dari kkp.go.id, apendiks I adalah termasuk biota atau spesies yang telah terancam punah (endangered), sehingga perdagangan internasional atau pemanfaatan komersil pada spesimen yang berasal dari habitat alam tidak diperkenankan atau harus dikontrol dengan ketat dan hanya diperkenankan untuk kepentingan tertentu dengan izin khusus.

Apendiks II adalah spesies yang saat ini belum terancam punah namun dapat menjadi terancam punah (rawan) apabila perdagangan internasionalnya tidak dikendalikan, sehingga pemanfaatan komersil dari alam masih diperbolehkan dengan peraturan ketat.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x