Berdayakan Hidup Nelayan, Dinas Perikanan Banyuwangi Dorong Program Kalaju

- 11 April 2023, 11:54 WIB
Peringatan hari nelayan nasional di kawasan Pantai Pancer bersama nelayan setempat
Peringatan hari nelayan nasional di kawasan Pantai Pancer bersama nelayan setempat /Dinas Perikanan Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI- Dinas Perikanan Banyuwangi dorong efektivitas program pemerintah pusat mengenai penataan permukiman nelayan melalui Kampung Nelayan Maju (Kalaju).

Kegiatan tersebut berdasar keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap No 61 Tahun 2022 tentang petunjuk teknis penataan kampung nelayan maju.

Program tersebut melibatkan 60 kampung maju dari kabupaten/kota di seluruh Indonesia dengan lima di antaranya merupakan prioritas.

“Termasuk (Kabupaten) Banyuwangi, Natuna, Tarakan, Merauke, dan Biak” terang Sekretaris Dinas Perikanan Banyuwangi Suryono Bintang Samudra pada Selasa, 11 April 2023.

Baca Juga: Wisata Sehari di Banyuwangi, Berikut Deretan Destinasi yang Dapat Dijelajahi

Untuk Banyuwangi, program Kalaju diterapkan pada masyarakat nelayan di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Suryono menyebut, dasar pelaksanaan program Kalaju adalah untuk mengubah stigma bahwa lingkungan nelayan merupakan tempat kumuh, bau dan tak tertata.

Pemerintah pusat disebutnya ingin masyarakat nelayan lebih berdaya, memiliki kebutuhan dasar hidup yang layak, serta mata pencaharian yang baik.

Sehingga kemudian pemerintah menetapkan kawasan kampung nelayan maju yang nantinya akan dilakukan penataan, termasuk di antaranya penyediaan sarana dan prasarana umum.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x